BAB 2 LANDASAN TEORI 2.1 Kacang 2.1.1 Pengertian Kacang .

2y ago
143 Views
5 Downloads
714.07 KB
30 Pages
Last View : 18d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Troy Oden
Transcription

BAB 2LANDASAN TEORI2.1 Kacang2.1.1 Pengertian kacangGambar 2.1 KacangSumber: http://mediacenter.malangkota.go.idDitinjau dari aspek gizi, kacang-kacangan merupakan sumberprotein, lemak, dan karbohidrat. Kacang-kacangan lokal tidak kalah dalamkandungan protein, begitu pula kualitas protein yang ditentukan olehsusunan asam amino. Secara umum, kacang-kacangan lokal memilikikelebihan asam amino esensial lisin, tetapi kekurangan asam amino sulfurseperti metionindan sistin. Namun, kekurangan ini dapat teinserealiayangmengandung metionin dan sistin.Berdasarkan analisis kandungan zat gizi,tidak ada satu jenis pangan pun yang mengandung zat gizi lengkap yangmampu memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan manusia. Satu bahanpangan mungkin kaya akan zat gizi tertentu, namun kurang me-ngandungzat gizi lainnya. Padahal untuk dapat hidup sehat, seseorang paling tidakmemerlukan 40 jenis zat gizi yang diperoleh dari makanan. Untuk hidupsehat, orangperlu mengonsumsi pangan yang beragam, termasuk panganpokoknya (Winda Haliza, 2010)2.1.2 Kacang TanahSumber genetic ( germ plasma ) kacang tanah berasal dari Brasilia.Penanaman kacang tanah pertama kali dilakukan oleh orang indian. SetelahBenua Amerika ditemukan ,Tanaman ini ditanam oleh pendatang dari9

trasidiIndia,Cina,Nigeria,Amerika Serikat, dan Gambia, kemudian meluas keberbagai Negara di dunia. Di Indonesia kacang tanah mulai ditanam padaawal abad ke-17.Masuknya kacang tanah ke wilayah Nusantara dibawa olehpedagang Cina dan Portugis. Sentrum produksi kacang tanah pada mulanyaterpusat di Pulau Jawa,selanjutnya menyebar ke berbagai daerah(provinsi),terutama Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Kini kacangtanah telah ditanam di seluruh Indonesia. (rukmana, 1998)Kacang tanah adalah benih dari kacang polong yang dijemur.Memiliki tekstur kulit cokelat tipis dan bila kulitnya dilepas maka terlihatkacang yang berwarna putih. Kacang tanah itu sendiri memiliki rasa yangmanis. Biasanya kacang tanah tersedia utuh dengan lapisan tipis kulitnyaataupun yang sudah dikupas, dan ada juga yang masih benar-benar utuhberkulit. Untuk kegunaannya, kacang tanah bisa untuk dimakan sebagaicemilan yang sudah dimasak atau dipanggang dan diberi rasa manis ataupungurih. Bisa digunakan sebagai bahan masak atau sebagai perasa untukmakanan seperti permen dan juga untuk memproduksi selai kacang danminyak. (Mizer, 1999)Di Indonesia,areal penanaman kacang tanah yang terluas adalahJawa Timur,yakni 133 ribu ha/th,diikuti Jawa Tengah 99 ribu ha,Jawa Barat68 ribu ha,Sulawesi selatan 47 ribu ha, DIY 41 ribu ha, Sumatera Utara 19ribu ha, Bali 14 ribu ha,Sumatera Selatan 12 ribu ha, Kalimantan Selatan 11ribu ha dan Sumatera Barat 10 ribu ha/th. (suprapto, 2001).Di Indonesia impor kacang tanah masih cukup besar,karenakebutuhan kacang tanah nasional masih belum mampu dipenuhi olehproduksi lokal.Rendahnya produksi kacang tanah nasional dikarenakanminimnya ketersediaan lahan. Tanaman kacang tanah masih jugadibudidayakan secara tumpang sari dengan komoditas lainseperti pohon jatiserta komoditas sayuran lainnya.kekurangan pasokan di dalam negeri akandipenuhi dari pasokan impor seperti dari China dan India. Selama Januarisampai April 2012 realisasi impor kacang tanah telah mencapai 50.378 ton.(Heriawan, 2012)

112.1.3 Klasifikasi Kacang TanahDalam dunia tumbuh-tumbuhan, kacang tanah diklasifikasikanseperti berikut ini.Table 2.1 Klasifikasi ilmiah kacang tanahDivisi :SpermatophytaSub-divisi : AngiospermaeClass :DicotyledoneaeOrdo :RosalesFamily :PapilionaceaeGenus :ArachisSpecies :Arachis hypogaeaSecara garis besar kacang tanah dibedakan menjadi dua tipe: tipetegak (bunch type)dan tipe menjalar (runner type)Tipe tegakKacang tanah tipe tegak percabangannya kebanyakan lurus atausedikit miring ke atas.Umumnya petani lebih suka yang bertipe tegak anen.Lagipula,buahnya hanya pada ruas ruas yang dekat rumpun sehingga masaknyabias bersamaan.Tipe MenjalarKacang tanah tipe menjalar cabang cabangnyatumbuh kesamping,tetapi ujung ujungnya mengarah ke atas. Panjang batang utamanyaantara 33-66 cm.Tipe ini umumnya antara 6-7 bulan,kira-kira 180-210hari.Tiap ruas yang berdekatan dengan tanah akan menghasilkan buahsehingga masaknya tidak bersamaan. (suprapto, 2001)

122.1.4 Kandungan dan Manfaat KacangBiji tanaman kacang tanah merupakan bahan makanan yangsehat karena mengandung protein nabati dan lemak yang dibutuhkanmanusia.Pemanfaatan terbesar kacang tanah sebagai bahan makanan danindustri. Kacang tanah sebagai bahan panganmemangtidakdapatdiandalkan sebagai sumber protein, namun sebagai makanan ringanbanyak digemari.Tabel 2.2 Komposisi kimia kacang tanah ( per 100 gram bahan kering)KomposisiJumlahKadar air (g)4,0Protein (g)25,3Lemak (g)42,8Karbohidrat (g) 21,1Fosfor (mg)335,0Kalori (kal)425,0BDD (%)100,0Sumber: Departemen Kesehatan RI (1996)Fungsi kacang tanah dalam komposisi makanan lebih bersifatsebagai makanan sampingan. Biji kacang tanah dapat diolah sebagaikacanggoreng, kacangrebus, kacangatom,kacangtelur,dansebagainya. Kacang tanah tersebut juga dapat diolah sebagai bahanbumbu pecel, gado-gado, bahan sayur, serta oncom. Daun kacang tanahdapatdimanfaatkan sebagaidikeringkan sebelumnya karenabahanpakanternakdengancarajika daun kacang tanah diberikankepada ternak dalam keadaan segar akan menyebabkan sakit perutbagi ternak (Tim Bina Karya tani, 2009)

13Manfaat kacang tanah untuk kesehatan :Kacang tanah mengandung bahan-bahan yang sangat dibutuhkan untukmenunjang kesehatan tubuh manusia, antara lain:Kaya protein. Dengan kandungan protein 26-28% konsumsi kacang tanah sekalimakan (25 g) dapat memberi sumbangan protein 12% dari angkakecukupan gizi (AKG) per hari. Kadar protein kacang tanah lebihtinggi daripada telur, susu, dan daging.Menyimpan energi lebih lama. Kacang tanah mempunyai indeks glisemik rendah. Tenaga yangdihasilkan dari kacang tanah dilepaskan ke sistem peredaran darahsecara berangsur-angsur dan stabil. Oleh karena itu kadar gula darahakan naik secara perlahan, sehingga kita merasa kenyang danbertenaga lebih lama.Serat alami tinggi. Kacang tanah mengandung serat lebih tinggi. Serat makanan berperanpenting dalam mengurangi resiko terserang kanker, pengendaliankolesterol, dan kadar gula darah.Mencegah serangan kanker dan penyakit jantung. nreversatrol) yang terbukti mampu menekan pertumbuhan kanker danmengurangi resiko penyakit jantung.Meningkatkan kekebalan tubuh. Kacang tanah juga mengandung kadar arginin tinggi, yaitu asamamino yang berguna untuk mencegah serangan jantung dan kanker,memperkuat kekebalan tubuh, memperkuat perkembangan otot,mempercepat penyembuhan luka, mengurangi rasa letih danmenyembuhkan impotensi. (Badan Litbang Pertanian,2012).

14Selain itu ada dua kendala yang mungkin dihadapi dalam pemasaran produkhasil olahan kacang tanah1. Kandungan lemak tinggiJumlah minyak atau lemak yang cukup tinggi pada kacang tanahakanmenyebabkan orang hati hati mengkonsumsinya. Tak jarang kaum wanitamenghindari jenis makanan ini.2. Kandungan aflatoksin tinggiAflatoksin dihasilkan oleh aspergillus flavus atau jamur kuning.Jamur ini juga menyerang kacang tanah slama penyimpanan terutama bilaruangan berkelembapan tinggi dan tidak bersih. Oleh karena aflatoksincukup berbahaya.khususnya kacang tanaha.saat ini ekspor kacang tanahIndonesia kerap ditolak karena kandungan aflatoksinnya terlalu tinggi.(supriyono, 1997)2.2 Kelapa2.2.1 Pengertian KelapaGambar 2.2 kelapaSumber: bisnismakanan.comKelapa merupakan salah satu komoditi perkebunana yang pentingbagi indonesia di samping kakao,kopi,lada,dan vanili.komoditi ini telahlama dikenal dan sangat berperan bagi kehidupan bangsa Indonesia baikditinjau dari aspek ekonomi maupun aspek sosial budaya. (palungkun,2006, p. 1) Buah kelapa merupakan salah satu produk tanaman tropisyang unik karena disampingkomponen daging buahnya dapat

15langsung dikonsumsi, juga komponen air buah-nya dapat langsungdiminum tanpa melalui pengolahan.Keunikan ini ditunjang olehsifat fisik dan komposisi kimia daging dan air kelapa, sehingga produk inisangat digemari konsumen baik anak-anak maupun orang dewasa.kelapa telah lama dikenal masyarakat Indonesia,hal initerlihat dari penyebaran tanaman kelapa di hampir seluruh wilayahNusantara, yaitu di Sumatera dengan areal 1,20 juta ha (32,90%), Jawa0,903 juta ha (24,30%), Sulawesi 0,716 juta ha (19,30%), Bali, NTB, danNTT 0,305juta ha (8,20%), Maluku dan Papua 0,289 juta ha (7,80%), danKalimantan 0,277 juta ha (7,50%). (Zuriah, 2014)Tanaman kelapa tumbuh subur di semua kepulauan Indonesia.Inilah yang menyebabkan setiap dapur di wilayah nusantara memanfaatkansantan dalam masakannya,sehingga membentuk citra yang khas tentangmasakan Indonesia.( Yasa Boga; dapur Indonesia 300 resep masakanIndonesia )Kelapa sudah sangat terkenal khasiatnya maupun rasanya yangnikmat. Daging dari buah kelapa muda ini biasanya dijadikan es yangsegar dan jenis minuman dan makanan lainnya. Selain enak danmenyegarkan,kelapa juga mengandung manfaat yang luar biasa bagikesehatan,serta sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Daging kelapatentu saja dapat dipeoleh dari pohon kelapa. Batang pohonnya bisamenjulang tinggi dan tumbuh alami di sepanjang pantai. Pohon kelapadiyakini berasal dari pesisir samudra hindia.namun, kini dapat ditemukandi banyak tempat yang memiliki iklim tropis (akbar, 2015, p. 158)

162.2.2 Klasifikasi KelapaTumbuhan kelapa dapat diklasifikasikan sebagai berikut:Tabel 2.3 Klasifikasi kelapaKingdom :Plantae (tumbuhan)Subkingdom : Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)Super divisi :Spermatophyte (menghasilkan biji)Divisi :Magnoliophyte ( tumbuhan berbunga)Kelas :Liliopsida (berkeping satu/monokotil)Sub kelas :ArecidaeOrdo :ArecalesFamily :Arecaceae (suku pinang-pinangan)Genus :CocosSpesies :Cocos nucifera LSumber: (Plantamaor.com,2012)Secara garis besar kelapa dapat dibedakan menjadi tiga tipe:Golongan kelapa dalam,golongan kelapa genjah,dan golongan kelapahibrida.1. Golongan kelapa dalamTanda-tanda kelapa dalam (tall coconut) adalah sebagai berikut.a. Umur mulai berbuah relative lebih lama,yaitu sekitar 5-8 tahunsetelah tanam.b. Ketinggian batang dapat mencapai 25 m atau lebih.c. Umur produktif tanaman 50 tahun lebih.d. Batang,daun,dan buahnya relatif lebih besar bila dibandingkandengan kelapa jenis genjah.e. Golongan kelapa ini,antara lain meliputi kelapa jepara,kelapabanyumas,dan kelapa bali

172. Golongan kelapa genjahTanda-tanda kelapa genjah (dwarf coconut) adalah sebagai berikut.a. Umur mulai berbuah relatif pendek,yaitu sekitar 3-4 tahun setelahtanam.b. Ketinggian batang 5 m atau lebih.c. Umur produktif tanaman sekitar 25 tahun lebih.d. Batang,daun dan buah relatif lebih kecil bila dibandingkan dengankelapa jenis dalame. Golongan ini,antara lain meliputi kelapa gading,kelapa raja,dankelapa puyuh3. Golongan kelapa hibridaKelapa hibrida merupakan hasil persilangan kelapa dalam (tall coconut)dengan kelapa genjah (dwarf coconut). Tanda-tanda dari kelapa hibridaadalah sebagai berikut.a. Umur mulai berbuah cukup pendek,yaitu sekitar 3-5 tahun setelahtanamb. Ketinggian batang antara 1 m – 5 m atau lebihc. Umur produktif tanaman sekitar 15 tahun lebihd. Habitus tanaman sedang,antara dalam dan genjah (warisno, 1998,p. 12)2.2.3 Nilai Gizi Buah Kelapa dan PeranannyaDaging buahmerupakan lapisan tebal (8 15 mm) berwarnaputih.Bagian ini mengandung berbagai zat gizi. Kandungan zat gizitersebut beragam sesuai dengan tingkat kematangan buah. Daging buah tuamerupakan bahan sumber minyak nabati (kandungan minyak 35 %). Padatabel 2.3 dapat dilihat komposisi zat gizi daging buah kelapa

18Tabel 2.4 Komposisi daging kelapa per 100 gramKomposisi kimiaBuah muda Buah setengah tua Buah tuaKalori ( kal)68,0180,0359,0Protein (g)1,04,03,4Lemak (g)0,913,034,7Karbohidrat (g)14,010,014,0Kalsium (mg)17,08,021,0Phosphor (mg)30,035,021,0Besi (mg)1,01,32,0Vitamin A (IU)0,010,00,0Thiamin (mg)0,00,50,1Asam askorbut (mg)4,04,02,0Air (g)83,370,046,9Bagian yang dapat dimakana53,053,053,0Sumber : kementrian riset dan idupanmanusia.mulai dari buah,daun,batang,sampai akarnya. Bagian pohon kelapayang banyak memiliki manfaat adalah buahnya. Sejak berabad-abad tahunyang lalu,buah kelapa sudah digunakan sebagai makanan utama. Padamasyarakat Indonesia,kelapa memang sulit dipisahkan dalam kehidupansehari-hari,baik di pedesaan maupun perkotaan.Untuk mendapatkan buahkelapa,tidaklah sulit. Apalagi di Indonesia,pohon kelapa sangat berlimpahsehingga tak heran jika Indonesia adalah produsen kelapa terbesar keduasetelah Filipina (sutarmi, 2005)Kelapa muda sudah sangat terkenal khasiatnya maupun rasanya yangnikmat. Daging dari buah kelapa muda ini biasanya dijadikan es yang nmenyegarkan,kelapa muda juga mengandung manfaat yang luar biasa bagikesehatan,serta sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Daging kelapamuda tentu saja dapat dipeoleh dari pohon kelapa. Buah dan air kelapamuda juga dapat menyembuhkan infeksi urine,membantu tubuh mengaturtekanan darahdan fungsi organ jantung,mengobati cacingan,melawan

19beberapa virus penyebab penyakit,mempercepat naiknya trombosit bagipenderita demam berdarah,dan sangat bermanfaat bagi janin biladikonsumsi oleh ibu hamil. (akbar, 2015, p. 158)2.2.4 Parutan KelapaGambar 2.3 Kelapa ParutKelapa parut adalah isi dari daging kelapa yang diparut laludihaluskan.kelapa kelapa parut ini dapat dibuat menjadi santan hanyadengan cara merendam beberapa menit dalam air,lalu diperas. Kini, kelapaparut segar dapat dibeli dengan mudah ditempat penjual kelapa di pasartradisional. Daging kelapa dapat diperoleh dalam bentuk kering maupunsegar.sebagian besar daging kelapa yang masuk rantai pemasaransupermarket, bisanya hanya merupakan jenis kelapa yang dimaniskan(sweetened variety). Biasanya di berbagai supermarket di Asia seringditemukan kelapa yang sudah diparut atau shredded coconut yang tidakdimaniskan. (Winarno, 2014)Daging buah kelapa (endosperm) yang sudah masak dapat dijadikan kopra dan makanan.daging buah kelapa merupakan sumber proteinyang penting dan mudah dicerna.komposisi kimia daging buah kelapa padaberbagai tingkat kemasakannya seperti terlihat pada tabel berikut. (sukardi,1995, p. 6)

202.2.5 Perbandingan dan analisis kandungan gizi kacang tanah dan kelapaDalam pembuatan saus kelapa penulis menggunakan daging buahkelapa setengah tua sebagai bahan dasar dalam pembuatan saus kelapa.Adapun berikut perbandingan kandungan komposisi gizi pada kacangtanah dan kelapa per 100 gram.Tabel 2.5 perbandingan komposisi gizi kacang tanah dengan kelapa per 100gramketeranganKomposisigizi JumlahKacang TanahKomposisi gizi buahkelapa setengah tuajumlahKadar air (g)4,0Kadar air (g)70Kacang tanah 94,2 %Protein (g)25,3Protein (g)4Kacang tanah 84,2%Lemak (g)42,8Lemak (g)13Kacang tanah 69,6%Karbohidrat (g)21,1Karbohidrat (g)10Kacang tanah 95,2%Fosfor (mg)335,0Fosfor (mg)35Kacang tanah 89,5%Kalori (kal)425,0Kalori ( kal)180Kacang tanah 57,6%Besi (mg)1,3Kelapa 100%Vitamin A (IU)10Kelapa 100 %Thiamin (mg)0,5Kelapa 100 %Asam askorbut (mg)4Kelapa 100 %Kalsium (mg)8Kelapa 100%53Kacang tanah 47%Bagiandimakan (%)dapat100,0Bagian yang dapatdimakan (%)

21Gambar 2.4 Grafik perbandingan gizi kacang tanah dan kelapaBerdasarkan Gambar grafik diatas bisa kita lihat bahwa kadar air lebihunggul kelapa dibandingkan kacang tanah,sedangkan dari komposisi protein,lemakdan karbohidrat lebih unggul kacang tanah dibandingkan kelapa.Kadar airDari tabel diatas bisa kita lihat bahwa kadar air terhadap kacang tanah adalah 4 gramdan kadar air pada kelapa adalah 70 gram.disini bisa kita lihat bahwa kadar air padakelapa lebih unggul 94,2% dibandingkan dengan kadar air terhadap kacang tanah.ProteinDari tabel diatas bisa kita lihat bahwa protein terhadap kacang tanah adalah 25,3gram dan kadar protein pada kelapa adalah 4 gram. Bisa dilihat bahwa kadar proteinpada kacang tanah lebih unggul 84,2% dibandingkan dengan kadar protein padakelapa.LemakDari tabel diatas bisa kita lihat bahwa kandungan lemak pada kacang tanah yaitu42,8 gram sedangkan kandungan lemak pada kelapa sebesar 13 gram. Inimembuktikan bahwa kandungan lemak pada kacang tanah lebih unggul 69,6%dibandingkan dengan kandungan lemak pada kelapa.

22KarbohidratDari tabel diatas bisa kita lihat bahwa kandungan karbohidrat pada kacang tanahadalah 21,1 gram dan kandungan karbohidrat pada kelapa adalah 10 gram. Bisa kitalihat bahwa karbohidrat pada kacang tanah lebih unggul 95,2% dibandingkankarbohidrat pada kelapaGambar 2.5 Grafik perbandingan gizi kacang tanah dan kelapaBerdasarkan gambar grafik diatas bahwa fosfor pada kacang tanah lebihunggul dibandingkan kelapa.sedangkan komposisi besi,thiamin,kalsium dan asamaskorbut kelapa lebih unggul dibandingkan kacang tanahFosforDari tabel diatas bisa kita lihat bahwa kandungan fosfor pada kacang tanah sebesar335 mg dan fosfor pada kelapa adalah 35 mg. Maka kandungan fosfor pada kacangtanah lebih unggul 89,5% dibandingkan dengan fosfor pada kelapaKaloriDari tabel diatas bisa kita lihat kandungan kalori pada kacang tanah adalah 425 kaldan pada kelapa adalah 180 kal.ini menyatakan bahwa kalori pada kacang tanah lebihunggul 57,6% dibandingkan dengan kalori pada kelapa.Namun ada beberapa kandungan gizi pada kelapa yang tidak dimiliki oleh kacangtanah,yaitu besi sebesar 1,3 mg,vitamin A sebesar 10 IU,Thiamin sebesar 0,5mg,Asam askorbut sebesar 4 mg,dan Kalsium sebesar 8 mg.

232.3. Saus KacangDi Indonesia,kacang dikenal dengan banyak hidangan dan juga keberhasilansausnya. Saus kacang digunakan pada sate sebagai iringan untuk dagingpanggang (sate),serta pada beberapa jenis salad.resep ini cukup sederhananamun memerlukan sedikit lebih,dibandingkan dengan saus Indonesia lainnya.Saus ini akan tahan selama berbulan bulan,bila disimpan dalam wadah kedapudara atau di dalam lemari es. (yuen, 2012)Bumbu kacang, saus kacang, kuah kacang (jika encer), sambal kacang (jikaditambahi cabai hingga pedas), atau bumbu pecel adalah semacam sausberbumbu berbahan kacang tanah goreng yang digiling dan dihaluskan. Bumbuini banyak digunakan dalam seni memasak masakan Indonesia, masakanMalaysia, masakan Thailand, masakan Vietnam, masakan Tionghoa, jugabeberapa negara Afrika. Juga dikenal secara terbatas di Eropa, terutama masakanBelanda dan Timur Tengah. Bahan utamanya adalah kacang tanah goreng yangdigiling hingga lumat dan halus. Selai kacang dapat digunakan sebagaipengganti bumbu kacang yang praktis, meskipun kurang khas citarasanya.Terdapat beberapa resep untuk membuat bumbu kacang, baik ditumbuk kasarsehingga masih berbutir dan renyah, hingga digiling halus seperti selai kacang.Campuran lain misalnya kecap manis, santan, laos, bawang putih, merica, jintan,serai, cabai, gula jawa, air jeruk nipis, daun jeruk, dan lain-lain, serta ditaburibawang goreng.Gambar 2.6 Saus Kacang

242.3.1 Resep Baku Pembuatan Saus KacangResep baku Saus Kacang diambil dari buku “100 Mak Nyus Jakarta” olehBondan Winarno,2015.Bahan-bahan yang digunakan:-300 gram kacang tanah dan/atau kacang mede digoreng lalu dihaluskan-500 ml santan dari 1 butir kelapaBumbu-2 cabai merah keriting-5 siung bawang merah-3 siung bawang putih-1 kelingking kencur-2 batang serai dimemarkan-2 lembar daun jeruk-3 sdm saus tomat-3 sdm kecap manis-1 blok kaldu ayam-Garam secukupnyaCara membuat Ulek halus cabai,bawang merah/ bawang putih, dan kencur dengan sedikitgaram Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan santan,kacang,serai,dandaun jeruk Masak dengan api kecil sampai mendidih. Bumbui dengan sedikit kecapmanis,saus tomat,dan kaldu ayam Pilihan sayuran yang dipake adalah : kacang panjang, kangkung bayam,kecipir, buncis, tauge, jantung pisang, labu siam, nangka muda Kelengkapan lain adalah tahu/tempe goreng, kentang rebus goring, telurayam rebus, taburan bawa

11 2.1.3 Klasifikasi Kacang Tanah Dalam dunia tumbuh-tumbuhan, kacang tanah diklasifikasikan seper

Related Documents:

tentang teori-teori hukum yang berkembang dalam sejarah perkembangan hukum misalnya : Teori Hukum Positif, Teori Hukum Alam, Teori Mazhab Sejarah, Teori Sosiologi Hukum, Teori Hukum Progresif, Teori Hukum Bebas dan teori-teori yang berekembang pada abad modern. Dengan diterbitkannya modul ini diharapkan dapat dijadikan pedoman oleh para

BAB II Landasan Teori Dan Pengembangan Hipotesis A. Teori Agency (Agency Theory) . agent (yangmenerima kontrak dan mengelola dana principal) mempunyai kepentingan yang saling bertentangan.3 Aplikasi agency theory dapat terwujud dalam kontrak kerja yang akan mengatur proporsi hak dan kewajiban masing-masing pihak dengan tetap memperhitungkan kemanfaatan secara keseluruhan.4 Teori agensi .

BAB II KAJIAN PUSTAKA, KONSEP, LANDASAN TEORI DAN MODEL PENELITIAN 2.1 Kajian Pustaka Beberapa tulisan yang dapat digunakan sebagai tolok ukur seperti tesis, . teori manajemen, dan teori analisis SWOT. Perbedaan penelitian tersebut di atas adalah perbedaaan

BAB II LANDASAN TEORI A. Deskripsi Teori 1. Nilai Nilai berasal dari bahasa Latin vale’re yang artinya berguna, mampu akan, berdaya, berlaku, sehingga nilai diartikan sebagai sesuatu yang dipandang baik, bermanfaat dan paling benar menurut keyakinan seseorang atau sekelompok orang.1

BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Tinjauan Pustaka Untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam penyusunan skripsi ini dibutuhkan tinjauan pustaka yang berisi teori-teori atau konsep-konsep yang digunakan sebagai kajian dan acuan bagi penulis 2.1.1. Pengertian Sistem Suatu sistem t

17 BAB II LANDASAN TEORI A. Teori Stakeholder (Stakeholder Theory) Ramizes dalam bukunya Cultivating Peace, mengidentifikasi berbagai pendapat mengenai stakeholder.Friedman mendefinisikan stakeholder sebagai: “any group or individual who can affect or is affected by the achievment of the organi

BAB II . URAIAN TEORI . 1.1. Landasan Teori . Kerangka teoritis adalah konsep-konsep yang sebenarnya merupakan abstraksi dari ha

6 BAB II LANDASAN TEORI . A. Kajian Teori. 1. Konstruktivisme a. Pengertian Konstruktivisme Konstruktivis