Proposal Kerjasama Beasiswa ITB Untuk Semua

1y ago
14 Views
2 Downloads
4.23 MB
19 Pages
Last View : 16d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Tia Newell
Transcription

ProposalKerjasamaBeasiswaITB UntukSemua2016

Apa Itu Beasiswa ITB untuk Semua?Beasiswa ITB untuk Semua atau BIUS lahir pada tahun 2009,diinisiasi Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, bertujuanmembuka akses bagi anak-anak dari keluarga kurangmampu agar berani mencoba dan bisa kuliah di ITB, yangmerupakan salah satu perguruan tinggi terbaik diIndonesia.Sampai saat ini, BIUS telah membiayai 406 mahasiswa,dimana 169 orang telah lulus.Pada tahun 2016, BIUS akan memberikan Beasiswa kepada100 mahasiswa ITB Angkatan 2016 yang berasal darikeluarga kelas menengah bawah yang kesulitanmembayar uang kuliah. Beasiswa ini dirancang untukmenanggung biaya kuliah mahasiswa selama 4 tahunmenempuh studi di ITB.Dalam program ini, para penerima beasiswa akan diberipelatihan soft skill agar mereka dapat menggapai prestasikuliah yang baik serta dapat menjadi pemimpin danpelopor di masyarakat setelah lulus.Penerima beasiswa dievaluasi setiap tahun. Untuk mendapatperpanjangan beasiswa di tahun akademi berikutnya,mereka harus aktif di kegiatan-kegiatan pengembangansoftskill yang diadakan BIUS dan memiliki IPK minimal2,5. Bila persyaratan ini tidak dipenuhi, beasiswa akandialihkan ke mahasiwa lain yang membutuhkan.

Besar BeasiswaDana yang dianggarkan untuk seorangmahasiswa selama menempuh studi empattahun kuliah di ITB adalah Rp50.000.000,-.Dana tersebut akan digunakan denganperincian sebagai berikut:Dana beasiswa akan dikelola Badan PengelolaUsaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB. ParapenerimabeasiswaakandilayaniKantorLembaga Kemahasiwaan ITB. Kantor ini secarakhusus bertugas membantu para penerimabeasiswa, memantau perkembangan (studi dankehidupan) mereka, mengkoordinir kegiatankegiatan, serta melakukan evaluasi keseluruhanprogram.*) Biaya Tambahan akan digunakan untukmembiayai aneka pelatihan softskill, kunjungankunjungan, darurat sakit, serta bila mahasiswalulus diatas 4 tahun dsb.

Rekening Bank BeasiswaDana Beasiswa ITB Untuk Semua dikelola olehBadan Pengelola Usaha dan Dana Lestari(BPUDL) ITB pada sbb:BNI Cabang ITBNo.28680915 a.n. Badan Pengelola Usaha danDana Lestari (BPUDL) ITBBank Mandiri Cabang Siliwangi BandungNo. 130-000-4385301 a.n. BPUDL ITBBank Niaga Cabang Lembang BandungNo. 026-01-08480-00-5 a.n. Institut TeknologiBandung QQ BPUDL ITBBank Bukopin Cabang ITBNo. 1003663-09-1 a.n. Badan Pengelola Usaha danDana Lestari (BPUDL) ITBBank Niaga SyariahNo. 520-01-00160-00-4 a.n. Badan Pengelola Usahadan Dana Lestari (BPUDL) ITBBank SAUDARA Wastukencana BandungNo. 1101301431a.n. Badan Pengelola Usaha danDana Lestari (BPUDL) ITB

Kriteria Penerima Beasiswa & Proses SeleksiKriteria Penerima Beasiswa1. Penghasilan orang tua (digabung) tidaklebih besar dari Rp5.000.000,- per bulan.2. Berprestasi dan aktif berorganisasi saatSMU3. Diutamakan yang berasal dari luar PulauJawa dan Bali.Proses SeleksiCalon Mahasiswa yang sudah diterima di ITBdanmembutuhkanbeasiswadapatmengirimkan surat permohonan beasiswayang dilengkapi dengan artikel yangbercerita tentang latar belakang, prestasiserta cita-citanya. Mereka juga harusmelengkapi informasi tentang penghasilankedua orang tua. Pendaftaran ini dilakukansecara online.Mahasiswa yang memenuhidipanggil untuk wawancara.syaratakanPengumuman Penerima Beasiswa ITB untukSemuaakandilakukansetelahPengumuman Penerima Beasiswa Bidik Misiuntuk meyakinkan tidak ada duplikasi (satuorang menerima dua beasiswa).

DonaturTersedia beberapa pilihan skema donasi sbb :1. Beasiswa untuk satu mahasiswa atau lebih denganpembayaran dimuka. (Pembiayaan dimuka lebih disukaikarena memberikan kepastian pembayaran beasiswa).Beasiswa untuk 1 mahasiswa sampai lulus (4 tahun) adalahDonatur 1 Mahasiswa atau Rp. 50.000.000,- Apabila donatur memberikan 10 paketLebih beasiswa (Rp500.000.000,-), atau lebih ia berhak akan namakhusus untuk beasiswa yang diberikannya, yakni BeasiswaITB Untuk Semua – Nama Yang Bersangkutan. Nama donaturakan dicantumkan dalam daftar donatur di situs BeasiswaITB Untuk Semua.2. Beasiswa untuk satu mahasiswa atau lebih denganpembayaran bertahap : Beasiswa untuk 1 mahasiswasampai lulus (4 tahun) adalah Rp. 50.000.000,-. Pembayarandapat dibayarkan bertahap: Donasi sebesar Rp 12.500.000,-/tahun/mahasiswa selama 4tahun. Donasi sebesar Rp 6.250.000,-/semester/mahasiswa selama4 tahun Donasi sebesar Rp 1.050.000,-/bulan/mahasiswa selama 4tahun.Donatur Kelompok 3. Beasiswa Kelompok :Donasi dalam jumlah lain mulai dari Rp. 100.000/bulanselama 4 tahun. Donasi ini akan digabungkan dengan donasilain agar cukup untuk membiayai satu mahasiswa Donasi Sekali Bayar4. Donasi dalam jumlah lain sekali bayar.

Donatur KamiBerikut ini adalah Donatur yang pernah memberikanbeasiswa untuk satu atau lebih Mahasiswa :Abdul Malik, Agus Goenawan, Alumni IA – ITB Qatar, Alumni Teknik Elektro 2002,Alumni Teknik Kimia 1995, Alumni Teknik Perminyakan 2000, Antonius Blantran,Arif Setiawan, Bambang Budiono, Bambang Sugianto, Beasiswa Sudarno, BudiatiPrasetiamartati, Chandra Jinata, Dwi Bagyo Santoso, Frila Yaman, Frisda Leora,Gede Manggala, Haminanto, Haryanti Moerwanto, Hendra Jayusman, Hesti YuliaSari, Iman Taufik, Indra Abidin, Intan Taufik, Jamin Haryanto, Muhammad Basyah,Muhammad Bawazeer, Mutiara Dian Sari, Ridwan Darma, Rikrik Ilyas, RiyaniAris, Rizki Sawitri, Rizman Abudaeri, Santi L Pusposucipto, Sigit Indriyono,Slamet Sudijono, Sri Pujiyanti, Sumaryanto Widyatin, Susi Retnaningsih, SylviaGita, Wingky Setiawan, Dll Nya.

Mengukur Keberhasilan ProgramBeasiswa ITB untuk Semua merupakan sistemterbuka. Ia bersifat partisipatif, transparan,terukur, dan terus memperbaiki dirisehingga semakin tepat sasaran, tepattujuan, efisien, dan melibatkan semakinbanyak pihak berkepentingan.Pemantauan terhadap para penerima beasiswameliputi: Prestasi akademik dan kegiatan organisasiyang dimonitor setiap semester. Mahasiswayang mengalami masalah akademik /pengembangansoftskillsmendapatkanbantuan dari para relawan BIUS. Perkembangan alumni penerima beasiswasetelah lulus dari ITB, yang dipantau melaluijejaring alumni.Laporan pada Donatur : Donatur akan menerima laporan lengkapperkembangan studi dan pribadi penerimabeasiswa selama kuliah.Dari tahun ke tahun, program BIUS terusdiperbaiki berdasarkan data-data diatas.

Beberapa Profil Penerima BIUSMahdi Karim, SAPPK, 2009Berasal dari kota ‘Cibinong’ Bogor, Jawa Barat, Dengan predikatCum Laude, Mahdi Karim lulus dari ITB tahun 2013. Pada tahun2010, dia dianugerahi penghargaan Mahasiswa Terbaik ke-2Prodi PWK oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan KotaITB. Selain berprestasi dalam bidang akademik, Mahdi juga aktifdalam berbagai kegiatan organisasi. Salah satunya menjadiKetua Himpunan Mahasiswa Planologi Pangripta Loka ITB2012/2013.Sejak lulus hingga sekarang, Mahdi mengemban amanahsebagai Ketua Yayasan Al Umanaa, sebuah yayasan yangmenyelenggarakan pendidikan boarding berbasis karakter(akhlak) dengan orientasi lingkungan di Sukabumi. Menapakiawal tahun ke-3, Al Umanaa telah memiliki 157 siswa dariberbagai penjuru Indonesia, yang sebagiannya merupakan anakyatim dan tidak mampu, serta telah mengukir prestasi hinggatingkat nasional. Selain itu, di Sukabumi pula Mahdi dan enamteman-teman dari alumni ITB angkatan 2009-2012 tengahmerintis sebuah agribisnis terpadu mulai dari budidaya,pengolahan limbah, hingga pengolahan hasil budidaya.Menurut Mahdi, dengan berbagai program pembekalannya,BIUS lebih dari sekedar beasiswa. Tidak hanya memberikanbantuan dana, BIUS juga menanamkan pola pikir yangbermanfaat kepada penerimanya untuk senantiasa berkarya,berinovasi, dan selaluberbuat untuk kepentingan banyakorang. Mahdi berharap program BIUS, dengan berbagaikelebihannya ini, dapat dirasakan oleh banyak orang.

Amiril Pratomo, FTTM, 2009Berasal dari Malang, Jawa Timur, Amiril aktif dikegiatan baikdalam maupun luar kampus. Ia meraih penghargaan dekanFTTM (Deanlist) untuk Tahun Ajaran 2010/2011. Amiril adalahketua acara Islamic Fair International Muslim Student Summit2012 yang mendatangkan tokoh-tokoh penulis Nasional sertadihadiri oleh peserta dari berbagai Negara.Bersama teman BIUS lainnya, pada tahun 2013, Tim Amirilberhasil menjadi finalis kompetisi Innovative Global StudentsChallenge Business Plan Competition di Hong Kong, yangdiadakan oleh Polytechnics University of Hong Kong (bersamaMusa Mujaddid SBM’10 dan Fattah Aziiz SBM’10) dan pada2014, tim Amiril (bersama Rian Setianto SBM’10, HabibiAlisyahbana TK’10, Eko Tri Prasetyo FI’10) menjadi pemenangGreen Entrepreneurship Challenge, G83 Foundation, lalumenjadi Business Delegation of G83 Foundation di Denmark. Dipenghujung tahun 2014, Amiril berhasil menjadi pemenangdalam Asian Job Express Contest for Oil and Gas JapanCompany, IDEMITSU Kosan Co.,Ltd. di Tokyo, Jepang.Saat ini Amiril mengembangkan usaha yang dirintisnya sejak dibangku kuliah, yaitu Yudhistira Production, sebuah usahayang bergerak di bidang garment yang telah menanganiberbagai proyek baik dengan Pemerintahan maupun InstansiSwasta. Selain itu Amiril juga memiliki beberapa produk retailseperti GARD. (outdoor sandals and apparel), Verro (Casual),dan Largo Apparel (saat ini dilaunching di Malaysia bersamaprogram MICH Malaysia Indonesian Corporate House).“Pola pikir dalam hidup saya terlahir dari didikan BIUS, motivasidan keluarga yang tak pernah tergantikan saya dapat darikeluarga BIUS”

Wahyu Utomo, STEI, 2010Berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Selamamenempuh pendidikan di ITB, ia aktif di beberapakegiatan kampus, diantaranya adalah pernah menjadiKepala salah satu bidang usaha di KoperasiKesejahteraan Mahasiswa ITB. Selain itu, ia juga pernahterlibat dalam kegiatan sosial semisal acara Aku MasukITB yang bertujuan untuk memberikan informasi danmotivasi kepada anak-anak SMA di Indonesia agar tidaktakut melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,khususnyaITB, karena masalah biaya atau hal lainnya.Selain aktif berorganisasi, ia juga memiliki prestasisebagai peraih medali perunggu dan emas di PIMNASXXVI Mataram bersama dua penerima BIUS lainnya. Iamenyelesaikan pendidikan di ITB dalam waktu 4 tahundengan predikat cum laude.Saat ini, ia terpilih menjadi salah satu awardeebeasiswa LPDP dan sedang menempuh pendidikanmaster dalam bidang Embedded System di TUEindhoven, Belanda.Bagi Wahyu, BIUS bukan hanya sebatas beasiswa yangmemberi kesempatan untuk berkuliah di ITB namunBIUS merupakan pintu hingga ia bisa sampai dalamtahap ini. BIUS memiliki program pembinaan yangselain memberikan bekal untuk kehidupan di masadepan juga, membuka wawasan dan memotivasi untukberani bermimpi.

Anna Fitriana, FMIPA, 2011Berasal dari Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Semasakuliah, selain aktif berorganisasi Anna tetap bisa menjagaprestasi akademiknya. Anna pernah aktif di BadanPengurus Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI ITB) padatahun 2014, Kementrian Kesejahteraan MahasiswaKabinet KM ITB 2014/2015 dan menjadi wakil mahasiswaMajelis Wali Amanat pada tahun 2015/2016.Selain itu, Anna pernah menjuarai beberapa kompetisiyakni Juara II pada Olimpiade Sains dan TeknologiMahasiswa, Medali Perak pada Olimpiade Nasional MIPA(ON MIPA) dan Juara III Indonesian Essay Competitionyang diselenggarakan oleh PPI India. Pada tahun 2015Anna terpilih menjadi peserta Japan-Asia Youth ExchangeProgram in Science yang diselenggarakan di Jepang dan4th Asean Synchrotron Science Camp di Thailand.Tentang BIUS, Anna berkomentar: “ Keterbatasan bukanlagi menjadi batas untuk berkontribusi dan berprestasi.BIUS mengajarkan kami bahwa kepedulian mampumenghilangkan batas tersebut dan mengubah kelemahanmenjadi kesempatan. Terimakasih banyak BIUS.”

Daftar Penerima Bius yang Telah Lulus

Daftar Penerima Bius yang Telah Lulus

Daftar Penerima Bius yang Telah Lulus

Daftar Penerima Bius yang Telah Lulus

Daftar Penerima Bius yang Telah Lulus

Daftar Penerima Bius yang Telah Lulus

KontakBeasiswa ITB untuk Semua dikelola RelawanAlumni ITB di bawah supervisi Majelis WaliAmanat ITB.Alamat Kontak:Jl. Buncit Persada 1, Kalibata PuloJakarta Selatan 12740Telp: 62 21 797 2204Fax: 62 21 794 5013Nina WirahadikusumahEmail: ninawhk@gmail.comUmi YuniatiE-mail: yuniati.umi@gmail.comterima kasih

Beasiswa untuk 1 mahasiswa sampai lulus (4 tahun) adalah Rp. 50.000.000,- Apabila donatur memberikan 10 paket beasiswa (Rp500.000.000,-), atau lebih ia berhak akan nama khusus untuk beasiswa yang diberikannya, yakni Beasiswa ITB Untuk Semua - Nama Yang Bersangkutan. Nama donatur akan dicantumkan dalam daftar donatur di situs Beasiswa

Related Documents:

karena memberikan kepastian pembayaran beasiswa). Beasiswa untuk 1 mahasiswa sampai lulus (4 tahun) adalah Rp. 50.000.000,- Apabila donatur memberikan 10 paket beasiswa (Rp500.000.000,-), atau lebih ia berhak akan nama khusus untuk beasiswa yang diberikannya, yakni Beasiswa ITB Untuk Semua - Nama Yang Bersangkutan.

9. Beasiswa Jenis beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa UNTAG Samarinda adalah sebagai berikut. a. Beasiswa Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM) dan Beasiswa Bantua Belajar (BBM) Beasiswa bantuan khusus mahasiswa dan beasiswa bantuan belajar mahasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang tidak mampu dan berprestasi. Beasiswa ini berasal

9.Beasiswa Jenis beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia Banda Aceh adalah sebagai berikut: a. Beasiswa Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM) dan Beasiswa Bantua Belajar (BBM) Beasiswa bantuan khusus mahasiswa dan beasiswa bantuan belajar mahasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang tidak mampu dan berprestasi.

dalam peningkatan prestasi pendidikan serta bantuan biaya bagi anak didik putus dan atau terancam putus sekolah. Adapun bentuk program meliputi : a) Bantuan beasiswa SD/MI b) Bantuan beasiswa SMP/MTs c) Bantuan beasiswa SMA/SMK/MA d) Bantuan beasiswa Perguruan Tinggi (D3, S1, S2) e) Bantuan beasiswa Luar Daerah atau Luar Negeri

Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Kur2013-{NamaProdi] Halaman 2 dari 5 Template Dokumen ini adalah milik Direktorat Pendidikan - ITB Dokumen ini adalah milik Program Studi [NamaProdi] ITB.Dilarang untuk me-reproduksi dokumen ini tanpa diketahui oleh Dirdik-ITB dan [KodeProdi]-ITB.KURIKULUM ITB 2013-2018 –PROGRAM MAGISTER Program Studi Magister Rekayasa Pertambangan

menyelenggarakan program beasiswa kurang mampu bagi siswanya. Beasiswa tersebut berupa bantuan keringanan pembayaran uang SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan). Namun, dalam pelaksanaan program beasiswa tersebut muncul masalah-masalah yang dialami oleh pihak sekolah. Masalah-masalah yang terjadi di SMA Negeri 2 Rembang yaitu

SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Ciamis merupakan salah satu sekolah yang sering diberikan bantuan beasiswa bagi para siswanya. Akan tetapi, penentuan penerima beasiswa di SMP Negeri 1 . menerima beasiswa. Pendapatan orang tua . mengajukan permohonan beasiswa. d. Mengundurkan diri dari sekolah. e. Tidak dapat menunjukkan prestasi maupun

AutoCAD 2000, 2000i & 2002 System Variables Highlighted numbers are preferred or standard Variables pertain to all versions except where noted (200XX) System Variable Command(s) affected _PKSER Environment (Read-only) Type: Integer Saved in: Registry Returns the serial number assigned to AutoCAD ACADLSPASDOC TOOLS/OPTIONS Type: Integer Saved in: Registry Initial value: 0 Controls whether .