LAMPIRAN 1 KISI-KISI ALAT UKUR OCB - MCUrepository

1y ago
23 Views
2 Downloads
1.77 MB
29 Pages
Last View : 13d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Averie Goad
Transcription

LAMPIRAN 1 – KISI-KISI ALAT UKUR OCBNo.Dimensi1.Altruism Definisi konseptual : perilakukaryawan yang dilakukan ataskehendaknyasendiri(discretionary) dengan tujuanmembantu karyawan tertentudalam menghadapi masalahyang terkait dengan organisai2.Conscientiousness Definisi konseptual: perilakukaryawam yang dilakukan ataskehendaknya sendiri(discretionary) dimanaperilaku tersebut melebihipersyaratan minimal dariIndikatorItem- Cleanerbersediamenggantikan tugas rekannyayang tidak masuk.- Cleaner bersedia membanturekan kerja di area lain.- Cleaner bersedia membantudan melatih cleaner baru.- Cleaner bersedia membanturekannyayangkesulitanmenangani tugasnya. DefinisiOperasional:seberapa sering cleaner ISSmenampilkanprilakumenolong yang dilakukan ataskehendaknyasendiriditunjukkan kepada rekannyayang lain yang berkaitandenganmasalah-masalahdalam pekerjaan.1. Saya berani memberi masukan kepada cleaner lain yang kesulitanmengatur waktu untuk mengerjakan tugas-tugasnya.2. Saya mengingatkan cleaner baru untuk mematuhi tata tertib agarmereka tidak mendapatkan SP.3. Saya berpura-pura sibuk dengan pekerjaan ketika melihat cleanerbaru sedang mengalami kesulitan saat bekerja.4. Saya membantu cleaner baru yang kesulitan menggunakan alat-alat.5. Saya diam saja jika melihat teman saya sedang mengalami kesulitankarena alat yang digunakannya rusak.6. Saya menggantikan tugas cleaner lain yang tidak masuk7. Saya membiarkan cleaner baru untuk memahami sendiri chemical(bahan-bahan kebersihan).8. Saya mengajari cleaner baru agar cepat menguasai SOP.9. Saya tidak mau mengalah untuk istirahat terakhir saat saya merasalelah.10. Saya membantu pekerjaan teman yang dekat saja.- Cleaner datang tepat waktu.- Cleaner bekerja sesuai denganjam kerjanya.- Cleaner mematuhi tata tertibdan kebijakan perusahaan- Cleaner tidak menambahwaktu istirahat11. Saya benar-benar menyelesaikan semua tugas di area agar tidakmenyusahkan cleaner shift berikutnya.12. Saya terlambat masuk saat ada training agar tidak terlalu lamamengikutinya.13. Saya selalu membersihkan area walaupun area tidak terlalu kotor.14. Saya tetap mematuhi peraturan walaupun tidak ada yangmengawasi.

LAMPIRAN 1 – KISI-KISI ALAT UKUR OCBperaturan organisasi dalam halkehadiran, kepatuhan terhadapperaturan dan tata tertib,waktu istirahat, dan lainsebagainya. Definisi Operasional: seberapasering cleaner ISS melakukanhal-hal yang menguntungkanperusahaan melebihi standarminimum yang disyaratkan,ditunjukkan dalam perilakudisiplin kerja dan kualitaskerja yang dimiliki.3.Sportmanship Definisi konseptual: kesediaankaryawan untuk mentoleransikondisi-kondisi yang kurangideal tanpa mengeluh, berkecilhati, marah, dan merasa sakithati karena sesuatu yangbenar-benar terjadi atausesuatu yang menyakitkandalam bayangannya, danmembesar-besarkan masalahkecil.- Cleaner dapat menoleransisituasi kerja- Cleaner dapat menoleransisikap cleaner lain walaupuntidak menyenangkan.- Cleaner dapat mentoleransipermintaan staff universitas,mahasiswa, tamu universitas.15. Saya hanya mempedulikan kebersihan di area tempat saya bertugassaja.16. Saya akan memperbaiki kesalahan saya saat bekerja dan tidak usahmenunggu ditegur terlebih dahulu oleh atasan.17. Saya datang lebih awal ke tempat kerja agar dapat mengetahuisituasi area dimana saya akan ditempatkan pada hari itu.18. Saya mencuri-curi waktu istirahat ketika area terlihat sepi.19. Saya tidak terlambat masuk kerja.20. Saya hanya mengikuti aturan-aturan perusahaan yang saya senangisaja.21. Saat saya bertugas pada shift pagi, saya akan tetap menunggu rekanshift berikutnya yang area bertugasnya sama dengan saya agar areatidak kosong.22. Saya malas menyapa team leader dan supervisor saat saya sedangsibuk bekerja.23. Saya makan di area saat masih jam kerja.24. Saya tidak mengeluh saat harus bekerja lembur / melebihi jamkerja.25. Saya merasa tidak nyaman bekerja dengan teman-teman cleanersaya.26. Saya bersabar ketika menghadapi permintaan staff universitas yangsebenarnya menyusahkan saya.27. Saya merasa kesal jika harus bekerja lembur.28. Saya membiarkan toilet tetap kotor beberapa saat karena sayamerasa mahasiswa tidak peduli dengan kebersihan.29. Saya mengeluh kepada cleaner satu tim jika diminta untukmembantu pekerjaan cleaner di luar area.30. Saya merasa berat dan malas melakukan perintah atasan jika itu

LAMPIRAN 1 – KISI-KISI ALAT UKUR OCB4. Definisi Operasional: seberapasering cleaner ISS dapatmentoleransi situasi dansuasana kerja tanpa disertaikeluhan.Courtesy- Cleaner berhati-hati dalambertindakagartidak Definisi konseptual: perilakukaryawan yang dilakukan atas memberikan pengaruh yangburuk terhadap pekerjaan orangkehendaknya sendirilain.(discretionary) guna- Cleaner menghindari konflikmenghindari terjadinyadengan rekan kerja.masalah kerja dengan- Cleaner menghargai rekankaryawan-karyawan lain. Definisi Operasional: seberapa kerjanya.sering cleaner ISSmenampilkan perilaku untukmencegah terjadinya masalahdalam pekerjaan yangberkaitan dengan pekerjaancleaner yang lain, ditunjukkandalam perilaku menghindarikonflik yang dapat terjadidalam pekerjaan danmemberikan informasi kepadarekan kerja.bukan tugas saya.31. Saya berusaha menyesuaikan diri dengan kebijaksanaan supervisoryang baru tanpa mengeluh32. Saya tidak mengeluh saat diminta menggantikan pekerjaan temanyang tidak masuk.33. Saya mencoba untuk meredakan emosi cleaner lain saat ia sedangmarah karena diperlakukan tidak adil oleh atasan.34. Saya bersikap sopan terhadap atasan dan teman-teman cleaner.35. Saya memberikan masukan dengan cara yang sopan kepada temancleaner.36. Saya keberatan memberikan masukan kepada teman cleaner karenatakut dianggap mengajari.37. Saya bersikap sopan terhadap orang-orang tertentu saja.38. Saya akan mengadukan teman saya yang mencuri-curi waktuistirahat kepada atasan39. Saya membicarakan kesalahan teman kepada orang lain.40. Saya memberikan informasi mengenai kesalahan teman jika ditanyasaja oleh team leader.41. Saya menceritakan kejelekan team leader/ supervisor kepada temancleaner.42. Saya menegur dengan sopan apabila ada cleaner baru melakukankesalahan saat bekerja.43. Saya mendiskusikan pembagian tugas dengan teman 1 tim agartidak ada salah paham mengenai tangging jawab masing-masing.44. Saya menghindari pertengkaran dengan teman cleaner.45. Saya berhati-hati dalam berbicara dan bercanda dengan temancleaner agar tidak menyinggung perasaannya.

LAMPIRAN 1 – KISI-KISI ALAT UKUR OCB5.Civic Virtue- Cleaner bersedia mengikutiacara / event perusahaan. Definisi konseptual: perilakupeduliterhadapkaryawan yang menunjukkan - Cleanerkelangsungan hidup perusahaan.rasa tanggung jawab dankesediaan berpartisipasi serta - Cleaner mengikuti informasidan perkembangan perusahaan.peduli terhadap kehidupanperusahaan. Definisi Operasional: seberapasering cleaner ISSmenampilkan perilaku yangmenggambarkan kepeduliancleaner terhadap perusahaandengan ditunjukkan dalamketerlibatan pada kegiatankegiatan ISS.46. Saya mengikuti pelatihan yang diadakan oleh ISS agar dapatmeningkatkan kualitas pelayanan perusahaan.47. Saya tidak mau mengikuti acara-acara yang diadakan olehperusahaan.48. Saya sungkan memberikan usulan / ide kepada rekan satu timwalaupun sebenarnya ide tersebut baik untuk perusahaan.49. Saya mengajak teman yang malas mengikuti training agartermotivasi mengikutinya untuk meningkatkan skill agar kualitaspelayanan perusahaan meningkat.50. Saya akan pura-pura tidak melihat staff universitas karena malasmenyapa dan bersikap sopan.51. Saya berhati-hati menggunakan alat / mesin agar peralatanperusahaan tidak cepat rusak.52. Saya berinisiatif untuk membawakan briefing untuk melatih jiwakepemimpinan saya.53. Saya melapor pada team leader jika mendapati fasilitas universitasyang hampir rusak, agar segera ditindak lanjuti.54. Saya rajin mengecek bahan-bahan kebersihan agar di area selalutersedia bahan-bahan dan tidak menghambat pekerjaan saya.

LAMPIRAN 2KATA PENGANTARDalam rangka memenuhi persyaratan untuk menempuh sidang sarjana padaFakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha,salah satu tugas yang harusdipenuhi adalah melakukan penelitian.Sehubungan dengan itu, peneliti mohon kesedian dan kerjasama saudarauntuk meluangkan waktu dalam mengisi angket yang diberikan. Data yang saudaraberikan sangat bermanfaat bagi perkembangan dan penerapan ilmu pengetahuan.Karenanya, peneliti sangat mengharapkan kerjasama dari saudara untuk mengisisemua pernyataan. Setiap jawaban yang saudara berikan atas tiap pernyataan, tidakada yang salah, oleh karena itu jawablah tiap pernyataan dengan spontan dansungguh-sungguh sesuai dengan kenyataan yang saudara rasakan sehingga data yangdiperoleh akan menggambarkan keadaan yang sesungguhnya.Untuk itu juga, peneliti akan menjaga kerahasiaan dari data yang saudara telahberikan dan data tersebut akan peneliti gunakan untuk kepentingan penelitian ini saja.Akhir kata, atas kesediaan dan bantuan yang saudara berikan, peneliti ucapkan terimakasih.Bandung, Mei 2011()

LAMPIRAN 3- ANGKET IDENTITAS DAN DATA PENUNJANGIdentitas PribadiNama (inisial): Jenis Kelamin:Usia: tahunLama bekerja di ISS: .tahun . bulanLaki-lakiPerempuanData PenunjangBerikut ini terdapat beberapa pernyataan mengenai lingkungan kerja anda. Di bawahsetiap pernyataan terdapat pilihan jawaban. Pilihlah salah satu pilihan jawaban yangsesuai dengan diri anda dengan memberi tanda silang (X).1. Saya diberikan kebebasan mengatur tugas dalam tim dan hal ini memudahkansaya untuk mengerjakan tugas saya. (karakteristik tugas-task autonomy)a) Yab) Tidak2. Atasan saya akan memberikan masukan atas hasil pekerjaan saya. (karakteristiktugas-task feed back)a) Yab) Tidak3. Pekerjaan saya dapat dikerjakan dengan cara yang berbeda setiap hari.(karakteristik tugas -task variety)a. a) Yab) Tidak.4. Apabila saya melakukan kesalahan saat bekerja maka akan mengganggupekerjaan teman saya yang lain. (karakteristik tugas - task significance)a. a) Yab) Tidak

5. Jika saya ditegur oleh atasan karena ada kesalahan dalam bekerja maka saya akanmerasa kalau hasil kerja saya tidak baik. (karakteristik tugas - task identity)a) Yab) Tidak.6. Saat mengerjakan tugas saya akan menganggap bahwa area yang saya bersihkanseperti milik saya sendiri sehingga saya akan bersungguh-sungguh mengerjakantugas. (karakteristik tugas - Intrinsically satisfying task).a) Yab) Tidak.7. Pekerjaan saya akan dapat diselesaikan dengan baik apabila rekan-rekan kerja sayamau bekerja sama dengan baik. (karakteristik tugas - task interdependence)a) Yab) Tidak.8. Peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan membuat saya lebih disiplin dalambekerja. (karakteristik organisasi-formalization and inflexibility)a) Yab) Tidak.9. Selain keselamatan kerja, saya merasa perusahaan menjamin kesejahteraan saya.(karakteristik organisasi-POS)a) Yab)Tidak.10. Saya merasa dekat dengan rekan di luar tim saya. (karakteristik organisasi-jarakantar karyawan)a) Yab) Tidak.11. Saya tidak bisa melakukan pekerjaan saya dengan baik karena banyaknya alat-alatyang rusak. (karakteristik organisasi-hambatan)a) Yab)Tidak12. Teman-teman saya bersedia membantu tanpa saya minta terlebih dahulu apabilamereka melihat pekerjaan saya belum selesai. (karakteristik kelompok-groupcohesiveness)

a) Yab)Tidak13. Jika saya tidak membantu teman di area lain maka saya akan tidak disenangi olehrekan yang lainnya. (karakteristik kelompok-TMX)a) Yab)Tidak14. Saya merasa bahwa teman satu tim saya dapat bekerja sama dengan baik sehinggaatasan dapat menilai bahwa hasil kerja tim saya lebih baik dibandingkan tim yanglain. (karakteristik kelompok-group potency)a) Yab)Tidak15. Menurut saya jika saya membantu pekerjaan rekan lain ini akan berdampak ketikasaya mengalami kesulitan maka ia akan membantu saya juga. (karakteristikkelompok – PTS)a) Yab)Tidak16. Saya tidak mempunyai kesempatan untuk mengungkapkan pendapat saya padaatasan saya. (perilaku kepemimpinan)a) Yab)Tidak17. Gaji yang saya peroleh sesuai dengan pekerjaan saya. (morale-satisfaction)a) Yab)Tidak18. Menurut saya ada perbedaan perlakuan dari atasan terhadap cleaner.(moralefairness)a) Yab)Tidak19. Jika ada teman yang pekerjaannya belum selesai saya merasa bahwa itu orale-affectivecommitment)a) Yab)Tidak28. Saya pernah mendapatkan SP dari atasan. (morale-leader consideration)a) Yab) Tidak.

Berikut ini terdapat beberapa pernyataan.setiap pernyataan terdapat beberapa pilihanjawaban yaitu : Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), Sangat TidakSetuju (STS). Pilihlah setiap pernyataan berdasarkan kesan pertama anda dan sesuaidengan diri anda sendiri dengan memberi tanda silang (X).No1Pernyataan Big Five PersonalitySaya tidak tertarik pada hal-hal yang bersifat abstrak (hayalan, imajinasi,ide-ide)2Saya orang yang mudah khawatir3Saya sering kali bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu4Saya mudah percaya dengan orang lain5Saya suka menghabiskan waktu dengan teman saya6Saya mempunyai imajinasi yang hidup7Saya mudah merasa marah8Saya berusaha melakukan sesuatu dengan sempurna9Saya cenderung menyetujui pendapat orang lain dari pada berdebat10Saya tidak banyak bicara11Saya sering kali mendapatkan ide yang cemerlang12Mood saya sering berubah13Saya menyukai keteraturan14Saya lebih baik dari kebanyakan orang15Saya sering merasa lemas atau kurang bertenaga16Saya sulit memahami ide-ide yang abstrak (imajinatif)17Saya mudah mendapatkan stress18Saya tidak suka melakukan suatu hal tanpa direncanakan terlebih dahulu19Saya tidak menganggap diri saya ramah20Saya suka bertualang (mencoba pengalaman baru) dengan teman-temanSSSTS STS

saya

Berikut ini anda diminta untuk menjawab pernyatan-pernyataan yang sesuai dengansituasi kerja anda dengan memberikan tanda silang (X) pada kolom yang sesuai dengan kondisianda. Jawaban terdiri dari pilihan SS (Sangat Sering melakukan), S (Sering melakukan), J(Jarang melakukan), SJ (Sangat Jarang melakukan).Pernyataan-pernyataan di bawah ini silahkan anda bayangkan dan hayati dalam situasisaat anda bekerja. Setiap jawaban yang saudara berikan tidak ada yang salah, maka jawablah tiappernyataan dengan spontan dan sungguh-sungguh sesuai dengan kenyataan yang saudara alamisehingga data yang diperoleh akan menggambarkan keadaan yang sesungguhnya.0

Kuesioner OCBNo.pernyataan1.Saya berani memberi masukan kepada cleaner lain yang kesulitan mengaturSSSJSJwaktu untuk mengerjakan tugas-tugasnya.2.Saya mengingatkan cleaner baru untuk mematuhi tata tertib agar mereka tidakmendapatkan SP.3.Saya berpura-pura sibuk dengan pekerjaan ketika melihat cleaner baru sedangmengalami kesulitan saat bekerja.4.Saya membantu cleaner baru yang kesulitan menggunakan alat-alat.5.Saya diam saja jika melihat teman saya sedang mengalami kesulitan karena alatyang digunakannya rusak.6.Saya menggantikan tugas cleaner lain yang tidak masuk.7.Saya membiarkan cleaner baru untuk memahami sendiri chemical (bahanbahan kebersihan).8.Saya mengajari cleaner baru agar cepat menguasai SOP9.Saya tidak mau mengalah untuk istirahat terakhir saat saya merasa lelah.10.Saya membantu pekerjaan teman yang dekat saja.11.Saya benar-benar menyelesaikan semua tugas di area agar tidak menyusahkancleaner shift berikutnya.12.Saya terlambat masuk saat ada training agar tidak terlalu lama mengikutinya.13.Saya selalu membersihkan area walaupun area tidak terlalu kotor.14.Saya tetap mematuhi peraturan walaupun tidak ada yang mengawasi.15.Saya hanya mempedulikan kebersihan di area tempat saya bertugas saja.16.Saya akan memperbaiki kesalahan saya saat bekerja dan tidak usah menungguditegur terlebih dahulu oleh atasan.17.Saya datang lebih awal ke tempat kerja agar dapat mengetahui situasi areadimana saya akan ditempatkan pada hari itu.18.Saya mencuri-curi waktu istirahat ketika area terlihat sepi.19.Saya tidak terlambat masuk kerja.20.Saya hanya mengikuti aturan-aturan perusahaan yang saya senangi saja.21.Saat saya bertugas pada shift pagi, saya akan tetap menunggu rekan shift1

berikutnya yang area bertugasnya sama dengan saya agar area tidak kosong.22.Saat melihat staf Universitas saya berpura-pura tidak melihatnya karena malasmenyapa dan bersikap sopan.23.Saya makan di area saat masih jam kerja.24.Saya tidak mengeluh saat harus bekerja lembur / melebihi jam kerja25.Saya merasa tidak nyaman bekerja dengan teman-teman cleaner saya.26.Saya bersabar ketika menghadapi permintaan staff universitas yang sebenarnyamenyusahkan saya.27.Saya merasa kesal jika harus bekerja lembur.28.Saya membiarkan toilet tetap kotor beberapa saat karena saya merasamahasiswa tidak peduli dengan kebersihan.29.Saya mengeluh kepada cleaner satu tim jika diminta untuk membantupekerjaan cleaner di luar area.30.Saya merasa berat dan malas melakukan perintah atasan jika itu bukan tugassaya.31.Saya berusaha menyesuaikan diri dengan kebijaksanaan supervisor yang barutanpa mengeluh.32.Saya tidak mengeluh saat diminta menggantikan pekerjaan teman yang tidakmasuk.33.Saya mencoba untuk meredakan emosi cleaner lain saat ia sedang marahkarena diperlakukan tidak adil oleh atasan.34.Saya bersikap sopan terhadap atasan dan teman-teman cleaner.35.Saya memberikan masukan dengan cara yang sopan kepada teman cleaner.36.Saya keberatan memberikan masukan kepada teman cleaner karena takutdianggap mengajari.37.Saya bersikap sopan terhadap orang-orang tertentu saja.38.Saya akan mengadukan teman saya yang mencuri-curi waktu istirahat kepadaatasan39.Saya membicarakan kesalahan teman kepada orang lain.40.Saya memberikan informasi mengenai kesalahan teman jika ditanya saja olehteam leader.2

41.Saya menceritakan kejelekan team leader/ supervisor kepada teman cleaner.42.Saya menegur dengan sopan apabila ada cleaner baru melakukan kesalahansaat bekerja.43.Saya mendiskusikan pembagian tugas dengan teman 1 tim agar tidak ada salahpaham mengenai tangging jawab masing-masing.44.Saya menghindari pertengkaran dengan teman cleaner.45.Saya berhati-hati dalam berbicara dan bercanda dengan teman cleaner agartidak menyinggung perasaannya.46.Saya mengikuti pelatihan yang diadakan oleh ISS agar dapat meningkatkankualitas pelayanan perusahaan.47.Saya tidak mau mengikuti acara-acara yang diadakan oleh perusahaan.48.Saya sungkan memberikan usulan / ide kepada rekan satu tim walaupunsebenarnya ide tersebut baik untuk perusahaan.49.Saya mengajak teman yang malas mengikuti training agar termotivasimengikutinya untuk meningkatkan skill agar kualitas pelayanan perusahaanmeningkat.50.Saya akan pura-pura tidak melihat staff universitas karena malas menyapa danbersikap sopan.51.Saya berhati-hati menggunakan alat / mesin agar peralatan perusahaan tidakcepat tukmelatihjiwakepemimpinan saya.53Saya melapor pada team leader jika mendapati fasilitas universitas yang hampirrusak, agar segera ditindak lanjuti.54.Saya rajin mengecek bahan-bahan kebersihan agar di area selalu tersediabahan-bahan dan tidak menghambat pekerjaan saya.3

LAMPIRAN 5 - VALIDITAS DAN RELIABILITAS ALAT UKURVALIDITASTabel 1 - 534**,261.549**.487**Tabel 3 - lidvalidTabel 2 - ConscientiousnessTabel 4 - alidvalidvalidvalidvalidvalidtidakvalidvalidvalid

LAMPIRAN 5 - VALIDITAS DAN RELIABILITAS ALAT UKURTabel 5 - Civic IABILITASTabel 6ReliabilityStatisticsCronbach'sN ofAlphaItems,73370 Reliabilitas alidtidakvalid

LAMPIRAN 8 - SKOR 404948404232413851364535423842373730434043414332

LAMPIRAN 7 - SKOR 26

LAMPIRAN 8 – SKOR SELURUH 62332322827263329252936292829conscientiousness 4033383638333835354139423440civic 47155151138176172174150162

LAMPIRAN 6 - HASIL nggiRendahTinggiRendahTinggi2023Civic RRRRRRTTTRT2122

LAMPIRAN 10 – DISTRIBUSI RUISMNValidMissingCOURTESYCIVIC rendah18tinggi25Total4341,9Valid PercentCum ulative SNESSFrequencyValidPercentValid PercentCum ulative lid PercentCum ulative 20Tinggi23Total4346,5Valid PercentCum ulative Percent46,546,553,553,5100,0100,0100,0CIVIC VIRTUEFrequencyValidPercentValid PercentCum ulative tal43100,0100,0

LAMPIRAN 11 - CROSS TABTabel 1Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang usiaaltruismrendahRow TotalCountN%usiaconscientiousnesstinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%sportmanshipTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%courtesyTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%civic virtueTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%ocbTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%TinggiRow TotalCountN%18-23 %1242,9%1657,1%1242,9%1657,1%1242,9%24-33 3%533,3%1066,7%533,3%1066,7%Tabel 2Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang jenis kelaminaltrusimrendahRow TotalCount N %conscientiousnesstinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%sportmanshipTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%courtesyTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%civic virtueTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%ocbTinggiRow TotalCountN%RendahTinggiRow TotalRow TotalCountN%CountN%JK 375,0%Tabel 3Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang lama bekerjaaltruismlamarendahRow TotalCountN%kerjaconscientiousnesstinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%sportmanshipTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%courtesyTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%civic virtueTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%ocbTinggiRow TotalCountN%RendahTinggiRow TotalRow TotalCountN%CountN%1 th 252,2%1252,2%1147,8%1356,5%1043,5%1-3 ,8%743,8%956,3%531,3%1168,8%3 th ,0%250,0%375,0%125,0%Tabel 4personalityTabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang personalityaltrusimrendahRow TotalCount N %conscientiousnesstinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%sportmanshipTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%courtesyTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%civic virtueTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%ocbTinggiRendahTinggiRow TotalRow TotalRow 5,0%337,5%562,5%675,0%225,0%450,0%450,0%

LAMPIRAN 11 - CROSS TABTabel 5Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang dahRow TotalCountN%yatidakyaTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%TinggiRow TotalCountN%RendahTinggiRow TotalRow %1164,7%Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang morale-farirnessaltrusimconscientiousnesstinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%sportmanshipTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%courtesyTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%civic virtueTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%ocbTinggiRow TotalCountN%RendahTinggiRow TotalRow %538,5%861,5%646,2%753,8%Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang morale-affective commitmentaltrusimrendahRow TotalCountN%conscientiousnesstinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%sportmanshipTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%courtesyTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%civic virtueTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%ocbTinggiRow TotalCountN%RendahTinggiRow TotalRow 8,7%2051,3%1948,7%2051,3%Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang morale-leader considerationleaderrationRendahRow TotalCountN%46,2%Tabel 8conside-TinggiRow TotalCountN%12affectivetidakRendahRow TotalCountN%ocb50,0%Tabel 7mentTinggiRow TotalCountN%civic virtue13rendahRow TotalCountN%commit-RendahRow TotalCountN%courtesy50,0%fairnessyatinggiRow TotalCountN%sportmanship13Tabel 6tidakconscientiousnessaltrusimrendahRow TotalCountN%conscientiousnesstinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%sportmanshipTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%courtesyTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%civic virtueTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%ocbTinggiRow TotalCountN%RendahTinggiRow TotalRow 1266,7%633,3%1161,1%738,9%

LAMPIRAN 11 - CROSS TABTabel 9Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang karakteristik tugas-task autonomytaskaltruismautonomyrendahRow TotalCountN%tidakyaconscientiousnesstinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%TinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%courtesyTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%civic virtueTinggiRow TotalCountN%RendahRow TotalCountN%ocbTinggiRow TotalCountN%RendahTinggiRow TotalRow 3%1145,8%1354,2%1145,8%1354,2%Tabel 10Tabulasi silang tingkat OCB dengan data penunjang karakteristik tugas-task feed backtaskaltruismfeedrendahRow TotalCount

LAMPIRAN 1 - KISI-KISI ALAT UKUR OCB Definisi Operasional: seberapa sering cleaner ISS dapat mentoleransi situasi dan suasana kerja tanpa disertai keluhan. bukan tugas saya. 31. Saya berusaha menyesuaikan diri dengan kebijaksanaan supervisor yang baru tanpa mengeluh 32. Saya tidak mengeluh saat diminta menggantikan pekerjaan teman yang tidak .

Related Documents:

lampiran b : kisi - kisi instrumen lampiran c : angket penelitian lampiran d : skor hasil angket lampiran e : hasil skala perhitingan skor per butir lampiran f : gambaran perhitungan skor ideal lampiran g : uji validitas dan reabilitas lampiran h : tabel penolong lampiran i : hasil output spss lampiran j : surat - surat penelitian

A.7 Kisi-kisi Angket Respon Siswa A.8 Lembar Angket Respon Siswa A.9 Kisi-kisi Angket Respon Guru A.10 Lembar Angket Respon Guru A.11 Kisi-kisi Lembar Observasi Pembelajaran A.12 Lembar Observasi Pembelajaran A.13 Kisi-kisi Soal Pre Test A.14 Soal Pre Test A.15 Kunci Jawaban dan Rubrik Skor Pre Test A.16 Kisi-kisi Soal Post Test

Lampiran 1.1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lampiran 1.2. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Lampiran 1.3. Kisi-Kisi Intrumen Kemampuan Pemecahan Masalah . Lampiran 1.4. Instrumen Kemampuan Pemecahan masalah . Lampiran 1.5. Rubrik Penskoran Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah . Lampiran 1.6. Kisi-Kisi Angket Kepercayaan Diri . Lampiran 1.7.

DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1. Kisi-kisi Angket Lampiran 2. Soal-soal Angket Uji Coba Lampiran 3. Soal-soal Angket Lampiran 4. Foto-foto Dokumentasi Penelitian Lampiran 5. SK Pembimbing Skripsi Lampiran 6. Surat Izin Penelitian Lampiran 7. Surat Keterangan Selesai Penelitian xvi . xvii BAB I .

mendeskripsikan pengertian alat optik, jenis-jenis alat optik, dan fungsi dari alat-alat optik tersebut. Gambar 18.1 Pengamatan dengan menggunakan mikroskop Sumber: www.google.com Alat-Alat Optik Alat-Alat Optik terdiri dari Mata Lup Mikroskop Teleskop Bagian-bagian mata Cacat mata rusak

DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 : Angket Penelitian Lampiran 2 : Pedoman dan Hasil Wawancara . Lampiran 9 : Surat Keterangan telah melakukan Penelitian Lampiran 10 : Dokumentasi Lampiran 11 : Daftar Riwayat Hidup . KISI KISI ANGKET PENELITIAN No Variabel Inikator Butir Soal 1 Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) 1. .

Kisi-Kisi-US-Paket B dan Paket C-2014/2015 Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG KEMDIKBUD 1 KISI-KISI UJIAN SEKOLAH PENDIDIKAN KESETARAAN BERDASARKAN KURIKULUM STANDAR ISI TAHUN PELAJARAN 2014/2015 a. Kisi-kisi Paket B/Wustha 1. Pendidikan Kewarganegaraan Paket B/Wustha a. Tertulis NO. KOMPETENSI INDIKATOR 1. Memahami konsep dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan .

Kisi-kisi (test blue-print atau table of specification) merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal. Kisi-kisi dapat