BAB II STRATEGI DAN ANALISIS SWOT A. Teori Strategi

3y ago
49 Views
2 Downloads
224.74 KB
17 Pages
Last View : 11d ago
Last Download : 3m ago
Upload by : Randy Pettway
Transcription

BAB IISTRATEGI DAN ANALISIS SWOTA. Teori StrategiStrategi adalah alat untuk mencapai tujuan jangka panjang. sifikasi,akuisisi,pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis, divestasi,likuidasi, dan joint venture. Strategi adalah tindakan potensial yangmembutuhkan keputusan manajemen tingkat atas dan sumberdaya perusahaandalam jumlah yang besar.Selain itu strategi mempengaruhi kemakmuran perusahaan dalamjangka panjang, khusunya untuk lima tahun, dan berorientasi ke masa depan.Strategi memiliki konsekuensi yang multifungsi dan multidimensi serta perlumempertimbangkan faktor-faktor internal dan eksternal. 1Menurut Chandler, strategi merupakan alat untuk mencapai tujuanperusahaan dalam kaitanya dengan tujuan jangka panjang, serta prioritasalokasi sumber daya.Menurut Learned, Christensen, Andrews dan Guth, strategi merupakanalat untuk menciptakan keunggulan bersaing. Dengan demikian salah satufokus strategi adalah memutuskan apakah bisnis tersebut harus ada atau tidakada.1Fred R David, Manajemen Strategi, Ed ke-10, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), 17.21

22Menurut Hamel dan Prahalad, strategi merupakan tindakan yangbersifat incrental (mengikat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkansudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan dimasadepan. Terjadinya kecepatan inovasi pasar baru dan perubahan pola konsumenmemerlukan komperensi inti.2Banyak alternatif strategi yang dipilih untuk pengembangan usahadalam berbagai bentuk. Alternatif tersebut diantaranya: strategi integrasi,strategi intensif, strategi diversifikasi dan strategi defensif.3Tabel 2.1 :Strategi rticalIntegrationStrategy)Strategi Utama1. Strategi Integrasi ke Depan(Forward Integration Strategy)2. Strategi Integrasi ke Belakang(Backward Integration Strategy)Definisi1. Meningkatkankontrolatas distributor2. Meningkatkankontrolatas pemasok perusahaan3. Meningkatkankontrolatas pesaing3. Strategi Integrasi Horisontal(Horizontal Integration Strategy)Strategi Intensif 1. Strategi Pengembangan Pasar(Intensive(Market Development Strategy)Strategy)2. Strategi Pengembangan Produk(Product Development Strategy)3. Strategi Penetrasi Pasar (MarketPenetration Strategy)StrategiDiversifikasi(Development21. Strategi Diversifikasi Konsentrik(Concentrik DeversificationStrategy)1. Memperkenalkan produk/ jasa saat ini ke areageografis yang baru2. Meningkatkan penjualanmelalui perbaikan produk/ jasa3. Meningkatkan pangsapasar untuk produk/jasamelalui pemasaran yanglebih besar1. Menambahkanproduk/jasa baru yangmasih berkaitan denganRokhmad Slamet, Seminar Akademik Program BBA Jakarta Institute of Management Studies(Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama), 2.3Fred R David, Manajemen Strategi, Ed ke-10, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), 227.

23Strategy)produk/jasa lama2. Menambahkanproduk/jasa baru yangtidak berkaitan dengan3. Strategi Diversifikasi Horisontalproduk/jasa lama(Horisontal diversification strategy) 3. Menambahkanproduk/jasa baru yangtidak berkaitan kepadapelanggan saat ini1. Strategi Usaha Patungan (Join1. Bekerja sama denganventure Strategy)perusahaan lain untukmeningkatkan penjualan2. Mengelompokkan ulang2. Strategi Penciutan Biayamelalui pengurangan(Retrachment Strategy)biaya dan aset terhadappenurunan penjualan danlaba3. Menjual satu divisi atau3. Strategi Penciutan Usahabagian perusahaan(Divestiture strategy)4. Menjual seluruh aset4. Strategi Likuidasi (Liquidationperusahaan, sepotongStrategy)sepotong untuk nilairiilnya2. Strategi Diversifikasi Konglomerat(Conglomerate Strategy)B. Manajemen StrategisManajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan untukmerumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan lintasfungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuanya. jemen,pemasaran,keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengembangan, dansistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi. 4Tujuan manajemen strategis adalah untuk mengeksploitasi sertamenciptakan berbagai peluang baru yang berbeda untuk masa mendatang dan4Fred R David, Manajemen Strategi, Ed ke-10, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), 6.

24perencanaan jangka panjang serta mencoba untuk mengoptimalkan tren-trensekarang untuk masa datang.Manajemen strategis meliputi pengamatan lingkungan, perusahaanstrategi, dan evaluasi serta pengendalian. Manajemen strategis menekankanpada pengamatan dan evaluasi peluang dan ancaman lingkungan denganmelihat kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dapat dikatakan bahwamanajemen strategis merupakan cara untuk mengelola semua sumberdayaguna mengembangkan keunggulan kompetitif jangka panjang.Proses manajemen strategis adalah alur dimana penyusunan strategimenentukan sasaran dan menyusun keputusan strategi. Proses manajemenstrategis terdiri dari tiga tahap, perusahaan,menentukan kekuatan dan kelemahan internal, menetapkan tujuanjangka panjang, merumuskan alternatif strategi, dan memilih strategitertentu yang akan dilaksanakan.2.Implementasi strategi mensyaratkan perusahaan untuk menetapkantujuan tahunan, membuat kebijakan, memotivasi karyawan danmengalokasikan sumberdaya sehingga strategi yang telah diformulasikandapat dijalankan. Implementasi strategi termasuk mengembangkanbudaya yang mendukung strategi, menciptakan struktur organisasi yangefektif dan mengarahkan usaha pemasaran, menyiapkan anggaran,

enghubungkan kinerja karyawan dengan kinerja organisasi.3.Evaluasi strategi adalah tahap final dalam manajemen strategis. Tigatahap aktivitas dasar evaluasi strategi yaitu meninjau ulang faktoreksternal dan internal yang menjadi dasar strategi, mengukur kinerja,dan mengambil tindakan korektif.Evaluasi dibutuhkan karena kesuksesan hari ini tidak menjaminkesuksesan di hari esok. Sukses selalu membawa masalah baru yang berbedadan perusahaan yang puas diri akan mengalami kegagalan.5 Berikut adalahmodel manajemen strategik :6Tabel 2.2 :Manajemen Strategik56Fred R David, Manajemen Strategi, Ed ke-10, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), 7-8.M. Taufiq Amir, Manajemen Strategik , (Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2011), 12.

26C. Lingkungan EksternalLingkungan umum (general) sering juga disebut lingkungan makro,elemen-elemen yang ada di lingkungan ini memberikan pengaruh yang tidaklangsung pada perusahaan. Dalam jangka panjang, trend maupun perubahanperubahan yang terjadi pada elemen lingkungan ini dapat menjadi panduanbagi perusahaan untuk mendapatkan peluang dan mengantisipasi peluang. Jadipara pemikir strategis dan manajer harus memperhatikan apa perkembanganperkembangan yang terjadi pada elemen lingkungan ini. Elemen-elemen yangdiperhatikan dari lingkungan umum adalah : 71.Faktor EkonomiSifat dan arah sistem ekonomi akan mempengaruhi kinerjaorganisasi yang berada di wilayah tersebut. Perekonomian berkaitandengan bagaimana orang atau bangsa memproduksi, mendistribusikan,dan mengkonsumsi barang dan jasa. Dan perlu memperhatikan sejauhmana perekonomian dapat mempengaruhi organisasi dari segi upah,tenaga kerja, inflasi, perpajakan, pengangguran dan harga barangdikelola.2.Faktor Sosial, Budaya, Demografi dan LingkunganOrganisasi adalah bagian dari sistem sosial masyarakat, karena itutidak bisa terlepas dari pengaruh aspek sosial. Misalnya aspekdemografis seperti pertumbuhan populasi, distribusi usia populasi,7Ibid., 34.

27tingkat kelahiran, dan sebagainya. Begitu pula dengan gaya hidup danharapan karier.Budaya berasal dari sebuah sitem nilai yang diterima oleh orangorang wilayah tertentu. Nilai-nilai, secara sederhana diartikan sebagaiapa yang dianggap baik dan tidak baik oleh seseorang.Budaya sekitar perusahaan, juga akan berdampak pada SumberDaya Manusia suatu perusahaan. Perusahaan mendapatkan pengaruhdari budaya-budaya yang dianut oleh konsumenya, oleh pemasok jugamendapatkan pengaruh dari budaya yang dianut karyawan dan calonkaryawanya seperti tentang religiusitas, bahasa dan sebagainya.Sehingga perusahaan ingin ada sebuah budaya yang positif yang menjadiwarna perusahaanya.83.Faktor Politik, Pemerintah dan HukumAktifitas politik memiliki dampak besar atas dua fungsi pemerintahyang mempengaruhi lingkungan umum, yakni :a. Fungsi pemasok : keputusan pemerintah tentang aksesbilitas usahaswasta ke sumberdaya alam dan cadangan nasional hasil pertanianmilik pemerintah akan sangat mempengaruhi kelayakan strategiorganisasi tertentu.8Ibid., 45.

28b. Fungsi pelanggan : kebutuhan pemerintah akan produk dan jasadapat menciptakan, mempertahankan, memperkuat atau meniadakanbanyak peluang pasar.c. Kebijakan pemerintah melalui peraturannya yang mengatur tentangkoperasi merupakan salah satu variabel yang sangat berpengaruhterhadap kegiatan koperasi. Pemerintah mempunyai kepentinganyang sangat besar terhadap usaha koperasi dan lembaga keuanganmikro syariah.4.Faktor TeknologiFaktor teknologi pada saat ini berkembang demikian pesatnyadiikuti dengan semakin majunya ilmu pengetahuan. Berbagai perangkatkeras maupun lunak yang mendukung kegiatan usaha kini semakinberaneka ragam. Adaptasi teknologi yang tepat guna, dapat membukakemungkinan terciptanya produk baru maupun penyempurnaan terhadapproses produksi dan produk yang sudah ada.9D. Lingkungan InternalLingkungan internal terdiri dari komponen-koponen atau variabellingkungan yang berasal atau berada di dalam perusahaan. Komponenkomponen dari lingkungan internal cenderung lebih mudah dikendalikan.Lingkungan internal koperasi dipengaruhi oleh beberapa elemen yangmerupakan bagian penting dalam koperasi yang dapat menentukan formulasistrategi yang diambil. Elemen lingkungan internal diantaranya adalah :9Ibid., 21.

291. ManajemenMerupakan satu tingkatan sistem pengaturan organisasi yangmencakup sistem produksi, pemasaran, pengelolaan sumberdayamanusia dan keuangan. Fungsi manajemen terdiri dari lima aktivitasdasar yaitu perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi,pengelolaan staf dan pengendalian.2. ptakansertamemenuhi kebutuhan dan keingina pelanggan atas barang dan jasa. Adatujuh fungsi dasar pemasaran : analisis pelanggan, penjualan produk danjasa, perencanaan produk dan jasa, penetapan harga, distribusi, risetpemasaran, dan analisis peluang. Aspek tempat dan promosi pentingdalam elemen pemasaran. Promosi terdiri dari: periklanan, kehumasan,promosi penjualan, promosi langsung, promosi tidak langsung dan lainlain.3. KeuanganKondisi keuangan dan rasio keuangan sering dianggap sebagaisuatu ukuran terbaik untuk kompetitif dan daya tarik keseluruhan suatukoperasi. Menentukan kekuatan dan kelemahan keuangan suatuorganisasi merupakan hal penting guna merumuskan strategi secaraefektif.

304. Produksi dan OperasiFungsi produksi dari suatu bisnis terdiri atas semua aktivitas yangmengubah input menjadi barang dan jasa. Manajemen produksi danoperasi berhubungan dengan input, transformasi dan output yangbervariasi antar industri dan pasar.5. Penelitian dan Pengembangan (litbang)Litbang dalam organisasi memiliki dua bentuk dasar yaitu:Litbang internal, dimana organisasi menjalankan litbangnya sendiri dankontrak litbang, dimana organisasi merekrut peneliti independen untukmengembangkan produk spesifik.6. Sumber Daya ManusiaSumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal utama bagisebuah koperasi. Kualitas kesesuaian SDM ini berpengaruh terhadapkinerja, kepuasan karyawan dan perputaran tenaga kerja.7. Sistem Informasi ManajemenSistem informasi manajemen bertujuan untuk meningkatkankinerja koperasi dengan cara meningkatkan kualitas keputusanmanajerial. Sistem informasi manajemen yang efektif berusaha sdanmenyajikan informasi database, sehingga dapat melaksanakan kegiatanoperasional dan menyusun strategi yang tepat.1010Fred R David, Manajemen Strategi, Ed ke-10, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), 158-203.

31E. Analisis SWOTAnalisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor untuk merumuskanstrategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapatmemaksimalkan kekuatan (strengts) dan peluang (opportunities), namunsecara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman(threats). Keputusan strategis perusahaan perlu pertimbangan faktor internalyang mencakup kekuatan dan kelemahan maupun faktor eksternal yangmencakup peluang dan ancaman. Oleh karena itu perlu adanya pertimbanganpertimbangan penting untuk analisis SWOT. 11Dalam mengidentifikasi berbagai masalah yang timbul dalamperusahaan, maka sangat diperlukan penelitian yang sangat cermat sehinggamampu menemukan strategi yang sangat cepat dan tepat dalam mengatasimasalah yang timbul dalam perusahaan. Beberapa pertimbangan yang perludiperhatikan dalam mengambil keputusan antara lain :1. Kekuatan (Strenght)Kekuatan adalah unsur-unsur yang dapat diunggulkan olehperusahaan tersebut seperti halnya keunggulan dalam produk yang dapatdiandalkan, memiliki keterampilan dan berbeda dengan produk lain.sehingga dapat membuat lebih kuat dari para pesaingnya.Kekuatan adalah sumber daya, keterampilan, atau keunggulankeunggulan lain relatif terhadap pesaing dan kebutuhan pasar yangdilayani atau ingin dilayani oleh perusahaan. Kekuatan adalah11Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: PT. GramediaPustaka utama, 2004), 18.

32kompetensi khusus yang memberikan keunggulan komparatif bagiperusahaan di pasar. Kekuatan terdapat pada sumber daya, keuangan,citra, kepemimpinan pasar, hubungan pembeli-pemasok, dan faktorfaktor lain.2. Kelemahan (Weakness)Kelemahan adalah kekurangan atau keterbatasan dalamhalsumber daya yang ada pada perusahaan baik itu keterampilan ataukemampuan yang menjadi penghalang bagi kinerja organisasi.Keterbatasan atau kekurangan dalam sumber daya, keterampilan dankapabilitas yang secara serius menghambat kinerja efektif perusahaan.Fasilitas, sumber daya keuangan, kapabilitas manajemen, keterampilanpemasaran, dan citra merek dapat merupakan sumber kelemahan.3. Peluang (opportunity)Peluang adalah berbagai hal dan situasi yang menguntungkan bagisuatu perusahaan, serta kecenderungan-kecenderungan yang merupakansalah satu sumber peluang.4. Ancaman dakmenguntungkan dalam perusahaan jika tidak diatasi maka akan menjadihambatan bagi perusahaan yang bersangkutan baik masa sekarangmaupun yang akan datang.Ancaman merupakan pengganggu utama bagi posisi perusahaan.Masuknya pesaing baru, lambatnya pertumbuhan pasar, meningkatnya

33kekuatan tawar-menawar pembeli atau pemasok penting, perubahantekhnologi, serta peraturan baru atau yang direvisi dapat menjadiancaman bagi keberhasilan perusahaan.Faktor kekuatan dan kelemahan terdapat dalam suatu perusahaan,sedang peluang dan ancaman merupakan faktor-faktor lingkungan yangdihadapi oleh perusahaan yang bersangkutan. Jika dapat dikatakanbahwa analisis SWOT merupakan instrumen yang ampuh rletakpadakemampuan para penentu strategi perusahaan untuk memaksimalkanperanan faktor kekuatan dan pemanfaatan peluang sehingga berperansebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam tubuhperusahaan dan menekan dampak ancaman yang timbul dan harusdihadapi.12Matrik SWOT dapat menggambarkan secara jelas bagaimanapeluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapatdisesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. MatrikSWOT sebagai alat pencocokan yang mengembangkan empat tipestrategi yaitu SO, WO, ST dan WT. Perencanaan usaha yang baikdengan metode SWOT dirangkum dalam matrik SWOT yangdikembangkan oleh Kearns sebagai berikut:12Pearce Robinson, Manajemen Stratejik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1,(Jakarta : Binarupa Aksara, 1997), 231.

34Gambar 2.1 :Diagram matrik SWOTIFAS (internal strategic factory analysis summary) dengan kata lainfaktor-faktor strategis internal suatu perusahaan disusun untuk merumuskanfaktor-faktor internal dalam kerangka strength and weakness. SedangkanEFAS (eksternal strategic factory analysis summary) dengan kata lain faktorfaktor strategis eksternal suatu perusahaan disusun untuk merumuskan faktorfaktor eksternal dalam kerangka opportunities and threaths.13F. Matriks Evaluasi Posisi dan Tindakan Strategis (SPACE)Matriks Evaluasi Posisi dan Tindakan Strategis (Strategic Position andAction Evaluation SPACE Matrix) adalahalat penting lain dalampencocokan, alat manajemen strategis ini berfokus pada perumusan strategiterutama yang terkait dengan posisi kompetitif organisasi.Sumbu untuk matriks SPACE didasarkan pada empat bidang analisisyaitu: Internal strategic dimensions meliputi: Financial strength (FS) dan13Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta : PT, GramediaPustaka Utama, 2006), 19.

35Competitive advantage (CA). Keempat faktor ini adalah penentu yang palingpenting dalam keseluruhan strategis organisasi.Ada banyak faktor dalam matriks SPACE yang termasuk bagian daridimensi strategis internal perusahaan. Antara lain faktor kekuatan keuanganmeliputi pengembalian atas investasi, likuiditas, modal kerja, arus kas, danlain-lain. Sedangkan pada Faktor keunggulan kompetitif misalnya kecepataninovasi oleh perusahaan, posisi pasar niche, loyalitas pelanggan, kualitasproduk, pangsa pasar, siklus hidup produk, dan lain-lain.Tergantung pada tipe organisasi, sejumlah variabel dapat menciptakanmasing-masing dimensi yang diwakili oleh sumbu dari matriks SPACE.Faktor yang dimasukkan sebelumnya dalam matriks IFE dan EFE harusdipertimbangkan dalam mengembangkan Matrik SPACE.14 Adapun diagramMatrik SPACE diperlihatkan sebagai berikut :14Fred R David, Manajemen Strategi, Ed ke-10, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), 292.

36Gambar 2.2 :Diagram Cartecius SPACE(a) Strategi S-O Kuadran 1Ini merupakan situasi yang sangat paling menguntungkan. Perusahaantersebut memiliki peluang dan kekuatan, sehingga dapat memanfaatkanpeluang sebesar-besarnya. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi iniadalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth OrientedStrategi).(b)Strategi S-T Kuadran 2Ini adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaanuntuk mengatasi ancaman. Strategi ini dipakai untuk memanfaatkan peluangjangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).(c) Strategi W-O Kuadran 3Strategi ini diterapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengancara meminimalkan kelemahan yang ada. Perusahaan menghadapi peluangpasar yang sangat besar, tetapi dilain pihak harus menghadapi beberapakendala/kelemahan internal. Cara yang efektif adalah dengan peninjauan

37kembali teknologi yang dipergunakan untuk atau dengan menawarkan produkproduk baru.(d)Strategi W-T Kuadran 4Strategi ini merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, dimanaperusahaan harus menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal.Kegiatan ini bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang adaserta menghindari ancaman.1515Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: PT. GramediaPustaka Utama, 2004), 26.

E. Analisis SWOT Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengts) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats). Keputusan strategis perusahaan perlu .

Related Documents:

STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) A. Strategi 1. Pengertian Strategi Kata strategi secara etimologi berasal dari bahasa Yunani “strato” yang artinya pasukan dan “agenis” yang artinya pemimpin. Jadi strategi berarti hal yang berhubungan dengan pasukan perang (Ali Moertopo,1971:24). Strategi

13 BAB II STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA A. Strategi 1. Pengertian Strategi Secara bahasa strategi berasal dari kata strategic yang berarti menurut siasat atau rencana dan strategy yang berarti ilmu siasat.1 Menurut istilah strategi adalah rencana yang cermat mengenal kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.2 Strategi adalah bagaimana menggerakkan pasukan ke posisi paling

bab ii penerimaan pegawai . bab iii waktu kerja, istirahat kerja, dan lembur . bab iv hubungan kerja dan pemberdayaan pegawai . bab v penilaian kinerja . bab vi pelatihan dan pengembangan . bab vii kewajiban pengupahan, perlindungan, dan kesejahteraan . bab viii perjalanan dinas . bab ix tata tertib dan disiplin kerja . bab x penyelesaian perselisihan dan .

Buku Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan SMK/MAK Kelas XI ini disajikan dalam tiga belas bab, meliputi Bab 1 Infeksi Bab 2 Penggunaan Peralatan Kesehatan Bab 3 Disenfeksi dan Sterilisasi Peralatan Kesehatan Bab 4 Penyimpanan Peralatan Kesehatan Bab 5 Penyiapan Tempat Tidur Klien Bab 6 Pemeriksaan Fisik Pasien Bab 7 Pengukuran Suhu dan Tekanan Darah Bab 8 Perhitungan Nadi dan Pernapasan Bab .

3 Lingkungan Ekstern : Analisa Lingkungan, Industri dan Persaingan Buku 1 Bab 3 4 Lingkungan (Strategi Global) : Strategi Pasar Global Buku 1 Bab 4 5 Analisis SWOT : Lingkungan dan Persaingan Buku 1 Bab 6 6 Analisis SWOT lanjutan : Kesalahan umum identifikasi pesaing, Analisis sumber daya, Value chain, aplikasi SWOT Buku 1 Bab 6

Strategi bersaing harus didukung dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Menurut Kasmir dan Jakfar (2012:51) strategi bauran pemasaran (marketing mix) dibagi menjadi: a) Strategi produk Pemilik usaha harus mendefinisikan, memilih, dan mendesain produk sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. b) Strategi harga

bab iii. jenis-jenis perawatan 7 . bab iv. perawatan yang direncanakan 12 . bab v. faktor penunjang pada sistem perawatan 18 . bab vi. perawatan di industri 28 . bab vii. peningkatan jadwal kerja perawatan 32 . bab viii. penerapan jadwal kritis 41 . bab ix. perawatan preventif 46 . bab x. pengelolaan dan pengontrolan suku cadang 59 . bab xi.

February 2019 State Current ASME A17.1 and A17.7 Code Versions Summary and Background Current Rule Development Status Upcoming Action Contact Agency Name Citation Regulatory ID AL ASME A17.1 (2016) ASME A17.7 (2007) Alabama auto-adopts the latest version of ASME codes six months after its publication date without the need for additional rulemaking. ASME A17.1 (2016) became effective 7/31/2017 .