Bab Ii Tinjauan Pustaka A Tumbuh Kembang-PDF Free Download

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A Tumbuh Kembang
23 Nov 2019 | 65 views | 0 downloads | 26 Pages | 646.34 KB

Share Pdf : Bab Ii Tinjauan Pustaka A Tumbuh Kembang

Download and Preview : Bab Ii Tinjauan Pustaka A Tumbuh Kembang


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Tinjauan Pustaka A Tumbuh Kembang



Transcription

menjadi lebih aktif Oleh karena itu perlu diperhatikan segala aspek yang. berkaitan dengan proses tumbuh kembangnya , Menurut Thoha 2004 salah satu aspek yang penting dalam masa. tumbuh kembang anak adalah aspek gizi Lebih lanjut Hidayat 2004 . menyebutkan bahwa manfaat gizi dalam tubuh adalah dapat membantu. proses pertumbuhan dan perkembangan anak serta mencegah berbagai. penyakit akibat kekurangan gizi dalam tubuh seperti kekurangan energi. dan protein anemia defisiensi yodium defisiensi seng Zn defisiensi. vitamin A serta defisiensi zat gizi lainnya yang dapat mempengaruhi. tumbuh kembang anak , Pertumbuhan balita sangat dipengaruhi oleh kualitas makanan yang. dikonsumsi sehari hari sementara kualitas makanannya sangat tergantung. pada pola asuh makan anak yang diterapkan dalam keluarga Khomsan . 1999 Oleh karena itu anggota keluarga khususnya orang tua memiliki. peran penting dalam pengasuhan anak karena seorang anak balita. memiliki ketergantungan secara fisik maupun emosional kepada orang tua. 2 Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan, Anak memiliki suatu ciri yang khas yaitu selalu tumbuh dan. berkembang sejak konsepsi sampai berakhirnya masa remaja Hal ini yang. membedakan anak dengan dewasa Anak menunjukan ciri ciri. pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya . Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta. jaringan intra seluler berarti bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh. sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan satuan panjang. dan berat Pertumbuhan terjadi secara simultan dengan perkembangan . Berbeda dengan pertumbuhan perkembangan merupakan hasil interaksi. kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya . misalnya perkembangan sistem neuromuskuler kemampuan bicara emosi. dan sosialisasi Kesemua fungsi tersebut berperan penting dalam. kehidupan manusia yang utuh Depkes 2007 , 3 Ciri ciri dan prinsip prinsip tumbuh kembang anak. Proses tumbuh kembang anak yang mempunyai beberapa ciri ciri yang. saling berkaitan Ciri ciri tersebut adalah sebagai berikut . a Perkembangan menimbulkan perubahan, Perkembangan terjadi bersamaan dengan pertumbuhan Setiap.
pertumbuhan disertai dengan perubahan fungsi Misalnya. perkembangan intelegensia pada seorang anak akan menyertai. pertumbuhan otak dan serabut saraf Pertumbuhan dan perkembangan. pada tahap awal menentukan perkembangan selanjutnya Setiap anak. tidak akan bisa melewati satu tahap perkembangan sebelum melewati. tahapan sebelumnya , Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. b Pertumbuhan dan perkembangan mempunyai kecepatan yang. Seperti pertumbuhan perkembangan mempunyai kecepatan. yang berbeda beda baik dalam pertumbuhan fisik maupun. perkembangan fungsi organ dan perkembangan pada masing masing. c Perkembangan berkorelasi dengan pertumbuhan, Pada saat pertumbuhan berlangsung cepat perkembangan pun. demikian terjadi peningkatan mental memori daya nalar asosiasi. dan lain lain Anak sehat bertambah umur bertambah berat dan tinggi. badannya serta bertambah kepandaiannya , d Perkembangan mempunyai pola yang tetap . Perkembangan fungsi organ tubuh terjadi menurut dua hukum yang. tetap yaitu , 1 Perkembangan terjadi lebih dahulu di daerah kepala kemudian. menuju kearah anggota tubuh , 2 Perkembangan terjadi lebih dahulu di daerah proksimal gerak.
kasar lalu berkembang ke bagian distal seperti jari jari yang. mempunyai kemampuan gerak halus Depkes 2007 , 4 Faktor faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak . Pada umumnya anak memiliki pola pertumbuhan dan, perkembangan normal yang merupakan hasil interaksi banyak faktor yang. Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak Adapun faktor . faktor tersebut antara lain , a Faktor dalam internal yang berpengaruh pada tumbuh kembang. 1 Ras etnik atau bangsa, 2 Keluarga, 4 Jenis kelamin. 5 Genetik, 6 Kelainan kromosom ,b Faktor luar eksternal .
1 Faktor Prenatal, 3 Mekanis, 4 Toksin zat kimia, 5 Endokrin. 6 Radiasi, 7 Infeksi, 8 Kelainan imunologi, 9 Anoreksia embrio. 10 Psikologi Ibu, Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. a Faktor persalinan, Komplikasi persalinan pada bayi seperti trauma. kepala asfiksia dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak . b Faktor pasca bersalin, Gizi penyakit kronis kelainan congenital lingkungan.
fisis dan kimia psikologis endokrin sosio ekonomi . lingkungan pengasuhan Stimulasi dan obat obatan Depkes . 5 Pemantauan pertumbuhan , Penilaian pertumbuhan anak dilakukan dengan penilaian status. gizi Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat dari konsumsi. makanan dan penggunaanzat zat gizi Almatsier 2001 Salah satu cara. mengetahui status gizi adalah dengan pengukuran antropometri ukuran. tubuh Ditinjau dari sudut pandang gizi maka antropometri gizi. berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dari. berbagai tingkat umur dan tingkat gizi Supariasa 2002 . Penilaian status gizi dengan cara antropometri ukuran tubuh . mempunyai beberapa parameter diantaranya , a Berat Badan BB . BB mencerminkan jumlah protein lemak air dan massa. mineral tulang Untuk menilai status gizi biasanya BB dihubungkan. dengan pengukuran lain seperti umur dan tinggi badan Hartriyanti. dan Triyanti 2007 Jika seorang anak diukur BB secara periodik . Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. misalnya setiap tiga bulan sekali maka diperoleh suatu gambaran. atau pola pertumbuhan anak tersebut Santoso dan Ranti 1999 . b Tinggi Badan TB , Penilaian status gizi pada umunya hanya mengukur total tinggi. atau panjang yang diukur secara rutin TB yang dihubungkan. dengan umur dapat digunakan sebagai indikator status gizi masa lalu. Hartriyanti dan Triyanti 2007 ,c Panjang Badan PB . Dilakukan pada balita yang berumur kurang dari dua tahun. atau kurang dari tiga tahun yang sukar untuk berdiri pada waktu. pengumpulan data TB Hartriyanti dan Triyanti 2007 . d Lingkar Kepala, Pengukuran lingkar kepala biasa digunakan pada kedokteran.
anak yang digunakan untuk mendeteksi kelainan seperti. hydrocephalus ukuran kepala besar atau microcephaly ukuran. kepala kecil Untuk melihat pertumbuhan kepala balita dapat. digunakan grafik Nellhaus Hartriyanti dan Triyanti 2007 . e Lingkar Dada, Pertumbuhan lingkar dada pesat sampai anak berumur 3 tahun. sehingga biasa digunakan pada anak berusia 2 3 tahun Hartriyanti. dan Triyanti 2007 ,f Lingkar Lengan Atas LILA , Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. Biasa digunakan pada anak balita serta wanita usia subur . Pengukuran LILA dipilih karena pengukuran relatif mudah cepat . harga alat murah tidak memerlukan data umur untuk balita yang. kadang kala susah mendapatkan data umur yang tepat Hartriyanti. dan Triyanti 2007 , Faktor umur sangat penting dalam penentuan status gizi . Kesalahan penentuan umur akan menyebabkan interpretasi status gizi. menjadi salah Hasil pengukuran TB dan BB yang akurat menjadi. tidak berarti bila tidak disertai dengan penentuan umur yang tepat. Supariasa et al 2001 , 1 Indeks Antropometri, a Berat badan menurut umur BB U . Berat badan adalah salah satu parameter yang, memberikan gambaran massa tubuh Massa tubuh sangat.
sensitif terhadap perubahan perubahan yang mendadak . misalnya karena terserang penyakit infeksi menurunnya. nafsu makan atau menurunnya jumlah makanan yang, dikonsumsi Dalam keadaan normal dimana keadaan. kesehatan baik dan keseimbangan antara konsumsi dan. kebutuhan zat gizi terjamin maka berat badan berkembang. mengikuti pertambahan umur Sebaliknya dalam keadaan. abnormal terdapat 2 kemungkinan perkembangan berat. Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. badan yaitu dapat berkembang cepat atau lebih lambat dari. keadaan normal Supariasa et al 2001 , Berdasarkan karakteristik berat badan ini maka. indeks berat badan menurut umur digunakan sebagai salah. satu cara pengukuran status gizi Mengingat karakteristik. berat badan yang labil maka indeks BB U lebih, menggambarkan status gizi seseorang saat ini Supariasa et. al 2001 ,b Tinggi badan menurut umur TB U , Tinggi badan merupakan antropometri yang. menggambarkan keadaan pertumbuhan skeletal Pada, keadaan normal tinggi badan tumbuh seiring dengan.
pertambahan umur Pertumbuhan tinggi badan tidak seperti. berat badan relatif kurang sensitif terhadap masalah. kekurangan gizi dalam waktu pendek Pengaruh defisiensi. zat gizi terhadap tinggi badan akan nampak dalam waktu. yang relatif lama Supariasa et al 2001 ,c Berat badan menurut tinggi badan BB TB . Berat badan memiliki hubungan yang linier dengan, tinggi badan Dalam keadaan normal perkembangan berat. badan akan searah dengan pertumbuhan berat badan dengan. kecepatan tertentu Indeks BB TB merupakan indikator yang. baik untuk menilai status gizi saat ini Supariasa et al 2001 . Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. d Lingkar Lengan Atas terhadap Umur LILA U , Indeks antropometri ini dapat mengidentifikasikan. KEP kekurangan energi dan protein pada balita tidak. memerlukan data umur yang kadang sulit dapat digunakan. pada saat darurat membutuhkan alat ukur yang murah dan. pengukuran cepat Hartriyanti dan Triyanti 2007 , Dari berbagai jenis jenis indeks tersebut untuk. menginterpretasikannya dibutuhkan ambang batas penentuan. ambang batas diperlukan kesepakatan para Ahli Gizi Ambang. batas dapat disajikan kedalam 3 cara yaitu standar deviasi unit . Standar deviasi unit disebut juga Z skor WHO, menyarankan menggunakan cara ini untuk meneliti dan untuk.
memantau pertumbuhan Supariasa et al 2001 ,Rumus perhitungan Z Skor . Nilai individu Nilai median baku rujukan,Z Skor , Nilai simpan baku rujukan. Tabel 2 1 Klasifikasi Status Gizi Menggunakan Z Skor. Status Gizi Indeks BB U TB U BB TB, Gizi lebih 2 SD. Gizi Baik 2 SD dan 2 SD, Gizi Kurang 3 SD dan 2 SD. Gizi Buruk 3 SD,Sumber Soekirman 1999 2000 dalam Munawaroh 2006 .
Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. Pengukuran antropometri yang digunakan menurut WHO NCHS. Indrawani 2007 , Gizi lebih 2 0 SD baku WHO NCHS, Gizi baik 2 0 SD s d 2 0 SD. Gizi kurang 2 0 SD, Gizi buruk 3 0 SD, Normal 2 0 SD baku WHO NCHS. Pendek Stunted 2 0 SD, Gemuk 2 0 SD baku WHO NCHS. Normal 2 0 SD s d 2 0 SD, Kurus Wasted 2 0 SD, Sangat kurus 3 0 SD. 6 Pemantauan perkembangan , Frankenburg 2001 mengemukakan 4 parameter perkembangan yang.
dipakai dalam menilai perkembangan yaitu , a Kepribadian tingkah laku Personal social . Aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri besosialisasi. dan berinteraksi dengan lingkungannya , Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. b Gerakan motorik halus Fine motor adaptive , Aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak untuk mengamati. sesuatu melakukan gerakan yang melibatkan bagian tubuh tertentu. saja dan dilakukan otot otot kecil tetapi memerlukan koordinasi yang. cermat misalnya kemampuan untuk menggambar dan memegang. c Bahasa Language , Kemampuan untuk memberikan respon terhadap suara mengikuti. perintah dan berbicara spontan , d Perkembangan motorik kasar Grows motor .
Aspek yang berhubungan dengan pergerakan dan sikap tubuh. Soetjiningsih 1995 , 7 Pemeriksaan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan KPSP . Skrining pemeriksaan perkembangan anak adalah cara yang di. lakukan untuk mengetahui perkembangan anak normal atau ada. penyimpangan Pemeriksaan dapat dilakukan di semua tingkat pelayanan . Pemantauan perkembangan juga dapat dilakukan oleh orang tua atau. pengasuh dengan cara mengamati kemampuan setiap anak dibandingkan. dengan daftar kemampuan yang seharusnya dapat dilakukan oleh anak. pada umur tersebut Soetjatmiko 2005 , Tata cara pelaksanaan pemeriksaan perkembangan adalah sebagai berikut . a Alat yang digunakan, Formulir KPSP, Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. Alat bantu pemeriksaan berupa pensil kertas bola kecil . kerincingan kubus berukuran sisi 2 5 cm kismis kacang tanah . potongan biskuit ,b Cara pemeriksaan, Tentukan umur anak. Pilih KPSP yang sesuai dengan umur anak dan lakukan. pemeriksaan, Jelaskan kepada ibu pengasuh agar tidak ragu untuk menjawab.
Tanyakan pertanyaan secara berurutan , Ajukan pertanyaan berikut setelah ibu pengasuh menjawab. pertanyaan sebelumnya , Teliti kembali apakah semua pertanyaan sudah dijawab . c Interpretasi hasil KPSP , Hitung jumlah jawaban ya. Jumlah jawaban ya 9 atau 10 perkembangan anak sesuai dengan. tahap perkembangannya S , Jumlah jawaban ya 7 atau 8 perkembangan anak meragukan. Jumlah jawaban ya 6 atau kurang ada penyimpangan P . Rusmil 2006 , Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014.
B Karakteristik Keluarga, 1 Pengertian keluarga, Keluarga sebagai kelompok inti dari masyarakat merupakan. lingkungan alami hasil pertumbuhan dan perkembangan anak perlu terus. diberdayakan sehingga menjadi lingkungan yang kondusif bagi tumbuh. kembang anak Orang tualah yang paling bertanggung jawab untuk. melakukan tugas ini Depdiknas 2003 diacu dalam Afriyenti 2002 . Orang tua muda terutama ibu cenderung kurang memiliki. pengetahuan dan pengalaman dalam mengasuh anak sehingga umumnya. mereka mengasuh dan merawat anak didasarkan pada pengalaman orang. tua terdahulu Selain itu faktor usia muda juga cenderung menjadikan. seorang ibu akan lebih memperhatikan kepentingannya sendiri daripada. kepentingan anaknya sehingga kuantitas dan kualitas pengasuhan kurang. terpenuhi Sebaliknya ibu yang lebih berumur cenderung akan menerima. perannya dengan sepenuh hati Hurlock 1998 , 3 Pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam proses. tumbuh kembang anak Ibu yang memiliki tingkat pendidikan tinggi akan. lebih mudah menerima pesan dan informasi gizi dan kesehatan anak. Rahmawati 2006 Orang tua yang memiliki pengetahuan dan pendidikan. tinggi akan lebih mengerti tentang pemilihan pengolahan pangan serta cara. Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. pemberian makan yang sehat dan bergizi untuk anaknya Soetjiningsih . Pendidikan ibu merupakan salah satu faktor penentu mortalitas. bayi dan anak karena tingkat pendidikan ibu berpengaruh terhadap tingkat. pemahamannya terhadap perawatan kesehatan higiene dan kesadarannya. terhadap kesehatan anak dan keluarga Madanijah 2003 yang diacu dalam. Afriyenti 2002 , 4 Pekerjaan, Pada masyarakat tradisional biasanya ibu tidak bekerja di luar. rumah melainkan hanya sebagai ibu rumah tangga Rahmawati 2006 . Menurut Satoto 1990 yang diacu dalam Afriyenti 2002 seorang ibu. yang tidak bekerja di luar rumah akan memiliki waktu lebih banyak dalam. mengasuh serta merawat anak dibandingkan ibu yang bekerja di luar. rumah Pekerjaan memiliki hubungan dengan pendidikan dan pendapatan. serta berperan penting dalam kehidupan sosial ekonomi dan memiliki. keterkaitan dengan faktor lain seperti kesehatan Sukarni 1994 . C Keluarga sadar gizi, 1 Pengertian Keluarga Sadar Gizi. Keluarga sadar gizi adalah keluarga yang berperilaku gizi. seimbang yang mengerti dan memahami pentingnya fungsi serta manfaat. gizi Depkes 2004 Keluarga sadar gizi kadarzi adalah suatu keluarga. Hubungan Antara Keluarga Unik Riyantika Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014.


Related Books

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 2.1.1 Kehamilan 1. Pengertian ...

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2 1 2 1 1 Kehamilan 1 Pengertian

2.1 Konsep Dasar Kehamilan, Persalinan, Nifas, BBL dan Kontrasepsi 2.1.1 Kehamilan 1. Pengertian Kehamilan Proses kehamilan merupakan mata rantai yang bersinambung dan terdiri dari : ovulasi, migrasi spermatozoa dan ovum, konsepsi dan pertumbuhan zigot, nidasi ( implantasi ) pada uterus, pembentukan plasenta dan tumbuh kembang hasil konsepsi sampai aterm. (Manuaba, 2010 : 84) Masa kehamilan ...

Analisis Preferensi Konsumen Buah Belimbing Di Kota ...

Analisis Preferensi Konsumen Buah Belimbing Di Kota

Belimbing manis dikenal secara umum dengan sebutan belimbing sedangkan belimbing wuluh sering disebut juga belimbing sayur. Belimbing manis memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi sehingga lebih banyak dibudidayakan Pohon maupun buah belimbing memiliki keunggulan dari beberapa jenis buah- buahan yang sering dikonsumsi. Belimbing termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan. Bentuk pohon yang ...

Caribbean History Syllabus - CXC

Caribbean History Syllabus CXC

CARIBBEAN EXAMINATIONS COUNCIL . Caribbean Secondary Education Certificate . CSEC Effective for. CARIBBEAN HISTORY SYLLABUS examinations from May/June 2011

Foundations of Bilingual/ESL/Multicultural Education

Foundations of Bilingual ESL Multicultural Education

multicultural education; and to examine the role of multicultural education in school reform and social change. As these goals indicate, the course will focus primarily on the theoretical and conceptual aspects of multicultural education. While the practical aspects of implementing multicultural education

january 2011 - Tempe Artists Guild

january 2011 Tempe Artists Guild

TAG participated in the Ward Traditional Academy ... a graduate student pursuing a Masters of Fine Arts degree in drawing and ... We will begin the new year with ...

CHAPTER 9 CIRCUMCISION METHODS FOR ADOLESCENT BOYS AND MEN

CHAPTER 9 CIRCUMCISION METHODS FOR ADOLESCENT BOYS AND MEN

9-4 MANUAL FOR MALE CIRCUMCISION UNDER LOCAL ANAESTHESIA AND HIV PREVENTION SERVICES FOR ADOLESCENT BOYS AND MEN procedure so that the skin area is prepped two more times (three total). The cleaned penis should not be placed on skin that is not prepared (for example, abdomen or thigh).

Inventory of Waldren Studios Photographs

Inventory of Waldren Studios Photographs

Inventory of Waldren Studios Photographs (Locator #: PC2) 243.52 Aitken, J. B., Mrs. & sons of 1918-12 One woman in the centre behind two boys wearing nautical attire; bust 243.56 Aitkens S., Mr. & lady friend 1918-10 One woman wearing a broad hat standing and one man wearing glasses seated on a wall, each with one arm resting on a pillar; 3/4 ...

Language Attitudes, Code Mixing and Social Variables ...

Language Attitudes Code Mixing and Social Variables

magazines in Telugu with p- value 0.0003655, which is very less than 0.05 with mean differences between two groups 3.612903 and 2.600000 respectively. That means there is a strong disagreement between older generation and young generation as the 18-24 age group subjects reported that they read novels and magazines in Telugu very rarely. 35

A Guide to Work with Computers

A Guide to Work with Computers

objects at the right upper directionandthentheright lower direction. Repeat for the left upper and left lower directions. Introduction With the rapid advancement of information technology,use of computers is already part of many people's daily life. Those engaged in electronic information and computer-related professionals have to use computers for long periods. Their regular and repetitive ...

Application for Interested Party Status (as individual ...

Application for Interested Party Status as individual

Application for Interested Party Status ... Department of Political Science, University of Victoria . ... Forgotten Fires: Native Americans and the Transient Wilderness